News

Kerajinan Dekranasda DKI Jakarta Menjajal Pangsa Pasar Central Park Jakarta

Tuesday, 8 Dec 2015

by JFW

Di lantai 2 Mall Central Park yang berlokasi di Jalan S. Parman, Grogol Pertamburan, berjejer produk-produk kerajinan tangan yang unik dan didominasi ciri khas Jakarta. Jenisnya pun beragam, tidak hanya kerajinan tradisional seperti helaian kain tenun dan batik, namun juga penerapannya dalam pembuatan tas yang bergaya edgy modern, perhiasan semi-etnik, perkakas rumah tangga, dan sebagainya. Ada pula camilan ringan dan kue-kue tradisional.
 

Semua produk tersebut merupakan hasil olah kreasi para perajin dan desainer kota Jakarta yang tergabung dalam Dekranasda DKI Jakarta asuhan oleh Ibu Veronica Basuki Tjahaja Purnama, untuk pop up store yang berjalan selama tanggal 8 Desember 2015-10 Januari 2016. Sebagai ketua Dekranasda DKI Jakarta, Ibu Veronica terus memperjuangkan agar kerajinan-kerajinan tersebut dapat lebih mudah diakses konsumen dan dikenal oleh khalayak yang lebih luas.
 

Melalui sebuah program inkubasi intensif yang diselenggarakan Jakarta Fashion Week dengan arahan dari Dekranasda DKI Jakarta, misi ini perlahan mulai terlihat hasilnya ketika kolaborasi tersebut berhasil membawa produk-produk para perajin ke pusat-pusat perbelanjaan modern. Program inkubasi ini tidak hanya berupa proses kurasi untuk produk-produk yang bisa ikut dipasarkan di lokasi-lokasi tertentu, namun juga mencakup berbagai pelatihan, rangkaian peragaan busana, dan berbagai strategi pemasaran lain. Diharapkan para perajin semakin terpacu untuk memantapkan alur produksi dalam usaha kerajinannya yang selama ini acapkali dianggap kurang mampu memenuhi permintaan pasar.

Penulis: Zea Zabrizkie

Popular News