News

Wadah Bagi Anggota Dekranasda DKI Jakarta Untuk Menunjukkan Ikon Ibu Kota

Wednesday, 30 Dec 2015

by JFW

Selama ini sebagian masyarakat hanya mengenal ondel-ondel serta monas sebagai ikon Jakarta, padahal ibu kota negara kita memiliki banyak ikon lainnya, seperti flora (bunga kembang telang, bunga melati gambir, dan sirih kuning) dan fauna (bulus dan elang bondol). Untuk mengembangkan potensi kerajinan Jakarta sekaligus memperkenalkan ikon Jakarta, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Femina Group dan Galeries Lafayette menghadirkan pop-up store anggota Dekranasda DKI Jakarta di Galeries Lafayette Pacific Place. Pop-up store ini berlangsung pada 8 Desember 2015–10 Januari 2016 dan memamerkan produk kerajinan karya Datie Handicraft, Miro Batikku, Reny Feby Jewelry, Batikku-Batikmu, Benings Caliya, Batik Chic, Moen Da, Batik Setio Utomo, D’Leia, Jasmine Teas, Rumah Sulam Rachmy, dan Nita Seno Adji.
 

Kehadiran pop-up store anggota Dekranasda DKI Jakarta di Galeries Lafayette merupakan suatu kebanggaan dan kesempatan baik untuk lebih memahami ilmu marketing dan dunia retail. Herlina Widjaja, COO Galeries Lafayette, menjelaskan bahwa Galeries Lafayette sering bekerja sama dengan desainer lokal dan membantu mencari jalan supaya produk Indonesia bisa bersaing dengan produk internasional.
 

Dengan hadirnya pop-up store Dekranasda di Galeries Lafayette, department store asal Prancis dengan konsep modern dan chic, Veronica Basuki Tjahaja Purnama, Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta berharap anggota Dekranasda bisa memproduksi produk kerajinan dengan kualitas yang sama. “Dekranasda memfasilitasi, tetapi perajin harus meningkatkan mutu dan kualitas”, kata Veronica. Dekranasda berharap produk kerajinan Jakarta bisa menjadi sebuah seni yang dihargai tinggi. Hal ini bisa terwujud dengan cara melatih para anggota Dekranasda DKI Jakarta dan memperbaiki kekurangan yang ada saat ini.


Svida Alisjahbana, CEO Femina Group sekaligus Ketua Umum Jakarta Fashion Week mengungkapkan bahwa ibu Veronica memiliki visi yang konkret dalam mengembangkan ikon kota Jakarta. Bersama Femina Group dan Jakarta Fashion Week, Dekranasda melakukan kurasi yang tepat dan memulai beberapa program untuk mengembangkan potensi para anggota, salah satunya adalah melakukan capacity building.

Penulis: Fathia Fauzia

Popular News