News

The Business of Fashion Menempatkan Svida Alisjahbana dalam BOF 500

Monday, 13 Oct 2014

by JFW

26 September 2014. Svida Alisjahbana, CEO Femina Group dan Ketua Umum Jakarta Fashion Week, terpilih masuk BoF 500 yang dirilis oleh media fashion global, The Business of Fashion (www.businessoffashion.com), untuk tahun 2014. The Business of Fashion adalah website yang paling berpengaruh untuk fashion trade industry di dunia. Svida Alisjahbana adalah satu-satunya tokoh asal Indonesia dalam 500 tokoh berpengaruh dan memiliki peran penting dalam perkembangan industri fashion dunia. Dalam kategori Catalyst, Svida merupakan satu dari 46 tokoh dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Prancis, Inggris dan Italia. Tak hanya bagi Jakarta Fashion Week, penghargaan ini juga menjadi catatan penting pada sejarah fashion Indonesia dalam mewujudkan visi Indonesia menjadi pusat mode di Asia.

BoF 500 adalah daftar para profesional terpilih dari ribuan nominasi yang diterima dari komunitas BoF 500, analisis data dan riset panjang dari berbagai sudut dunia yang dilakukan tim kurator The Business of Fashion. Para kandidat berasal dari perusahaan kelas dunia hingga perusahaan pemula yang berperan penting dalam melahirkan para bintang baru di dunia fashion. Dan salah satu peran penting mereka adalah sebagai vital connectors yang berhasil menjalin sinergi dengan komunitas fashion global – bukan hanya New York, London, Paris dan Milan, tetapi juga Sao Paulo, Mumbai , Beijing hingga Jakarta. Mereka pun tak pernah kehabisan energi, ide, dan aksi untuk ambil bagian dalam menggerakkan komunitas fashion di negaranya. Beberapa tokoh dunia yang terpilih dalam BoF 500 adalah Angela Missoni (Italia), Christian Louboutin (Prancis) dan Cara Delevingne (Inggris). Daftar lengkap BoF 500: http://www.businessoffashion.com/bof500/2014

The Business of Fashion menempatkan Svida dalam BoF 500 karena perannya yang sangat vital dalam mendukung desainer-desainer muda Indonesia semakin dikenal di pasar internasional. Dua program yang lahir dari buah pemikiran dan kerja kerasnya adalah Jakarta Fashion Week dan Indonesia Fashion Forward.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada The Business of Fashion atas apresiasi ini. Penghargaan ini memiliki makna penting bukan hanya bagi kami di Jakarta Fashion Week dan Indonesia Fashion Forward yang sepanjang tahun terus bekerja keras dan ambil bagian dalam gerak maju industri fashion di negeri ini. Penghargaan ini merupakan catatan penting bagi industri fashion negeri ini dalam perjalanan Indonesia memperkenalkan begitu banyak talenta terbaik kepada industri fashion global. Bukan hanya desainer dan karyanya, Indonesia juga berpotensi mengangkat model, hair stylist, make-up artist, hingga fashion organizer agar sejajar dengan negara-negara yang memiliki industri fashion yang lebih maju. Kesempatan terbuka begitu luas bagi kita. Penghargaan ini adalah awal yang bagus dan menjadi sinyal bagi komunitas fashion Indonesia untuk terus melakukan inovasi dan memiliki visi global,” kata Svida Alisjahbana.

Memasuki usia ketujuh, Jakarta Fashion Week kini telah dikenal menjadi fashion week terbesar di Asia Tenggara dan kian diperhitungkan di komunitas fashion Asia dan Eropa. Tak hanya mengedepankan karya-karya fashion terbaik dari dalam negeri, Jakarta Fashion Week selalu menampilkan karya para desainer dari berbagai negara dan organisasi fashion dunia, seperti India, Australia, Jepang, Inggris dan Belanda. Kepercayaan buyers dari department store kelas dunia pun terus meningkat untuk menghadiri pesta mode terbesar di Indonesia ini.

Di bawah arahan Svida, pogram Indonesia Fashion Forward yang memiliki tujuan mempersiapkan para desainer lokal untuk menembus pasar internasional juga mencatatkan prestasi luar biasa. Setelah keberhasilan Major Minor, label jebolan Indonesia Fashion Forward 2012, menembus department store terkemuka Harvey Nichols di Eropa, program ini secara aktif memberi kesempatan kepada para desainer Indonesia untuk tampil di runway fashion week bergengsi, seperti Tokyo Fashion Week, Paris Fashion Week, dan Seoul Fashion Week.