/ FAQ
PERTANYAAN :

Umum

Q1 : Apakah Jakarta Fashion Week?

Q2 : Sejak kapan Jakarta Fashion Week 2015 diselenggarakan?

Q3 : Kapankah Jakarta Fashion Week 2015 diselenggarakan?

Q4 : Mengapa Jakarta Fashion Week 2015 tidak menyebut event tahun ini sebagai Jakarta Fashion Week 2013?

Q5 : Di mana lokasi penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2015?

Q6 : Berapa jumlah pengunjung yang diharapkan hadir di event ini?

Q7 : Siapa penyelenggara Jakarta Fashion Week 2015?

Q8 : Siapa saja yang datang ke Jakarta Fashion Week 2015?

Q9 : Bagaimana cara menyaksikan Jakarta Fashion Week 2015 secara langsung?

Q10 : Di manakah saya bisa mendapatkan informasi mengenai Jakarta Fashion Week?

Q11 : Apakah Buyers’ Room?

Q12 : Apakah Indonesia Fashion Forward?

Q13 : Apakah dalam event ini terdapat stand produk-produk yang yang dijual untuk publik?

Media

Q1 : Berapa jurnalis yang meliput acara ini?

Q2 : Bagaimana cara saya mendaftarkan diri untuk meliput acara ini?

Q3 : Apakah fasilitas yang bisa didapat bagi media dalam Jakarta Fashion Week 2015?

Q4 : Bagaimana cara menghadiri press conference JFW 2015?

Q5 : Apakah ada undangan khusus untuk menghadiri press conference?

Q6 : Apakah ada program khusus untuk para jurnalis?

Fashion Show

Q1 : Siapa saja desainer yang dapat menampilkan karyanya di Jakarta Fashion Week 2015?

Q2 : Jika saya ingin menampilkan koleksi desain tanpa melalui program di atas, bagaimana caranya?

Q3 : Saya ingin membuka booth selama penyelenggaraan JFW 2015. Siapa yang harus saya hubungi?

Bisnis

Q1 : Bagaimana cara saya berpartisipasi dalam JFW tahun depan?

Q2 : Apakah perusahaan yang menjadi mitra atau sponsor JFW 2015 harus yang berhubungan dengan industri fashion?



JAWABAN :

Umum

1. Apakah Jakarta Fashion Week?
Jakarta Fashion Week adalah platform penggerak industri mode Indonesia. Bukan hanya event selama tujuh hari berturut-turut, Jakarta Fashion Week menyelenggarakan beragam program, seperti workshop dan talkshow untuk mengembangkan kapasitas desainer, kompetisi untuk model, fashion blogger dan desainer, mempertemukan para pelaku industri fashion dengan buyer lokal dan internasional, memperkenalkan karya-karya desainer Indonesia ke pasar internasional, menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan luar negeri, menyelenggarakan fashion week. Sepanjang tahun, Jakarta Fashion Week menggelar berbagai program yang sejalan dengan visinya, yaitu mewujudkan Jakarta sebagai salah satu fashion hub dunia.

2. Sejak kapan Jakarta Fashion Week 2015 diselenggarakan?
Jakarta Fashion Week diselenggarakan sejak 2008. Di tahun keenam ini, Jakarta Fashion Week akan tampil lebih megah dari tahun-tahun sebelumnya.

3. Kapankah Jakarta Fashion Week 2015 diselenggarakan?
Tanggal 19-25 Oktober 2013.

4. Mengapa Jakarta Fashion Week 2015 tidak menyebut event tahun ini sebagai Jakarta Fashion Week 2013?
Seluruh koleksi yang ditampilkan di runway Jakarta Fashion Week tahun ini akan menjadi acuan tren mode tahun depan. Karena itu penyelenggaraan event tahun ini disebut Jakarta Fashion Week 2015

5. Di mana lokasi penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2015?
Di Senayan City, Jl. Asia Afrika Lot 19, Jakarta

6. Berapa jumlah pengunjung yang diharapkan hadir di event ini?
Tahun ini diperkirakan akan disaksikan lebih dari 15.000 orang setiap hari.

7. Siapa penyelenggara Jakarta Fashion Week 2015?
Acara ini diselenggarakan oleh Azura Activation (www.azuraactivation.co.id), event organizer bagian dari Femina Group (www.feminagroup.com) pemilik brands terkemuka seperti Femina, Gadis, Ayah Bunda, Dewi. Sudah lebih dari 40 tahun, Femina Group mempromosikan kemajuan industri mode melalui liputan-liputan mode (print, digital, social media, events) dan menyelenggarakan berbagai program seperti Lomba Perancang Mode, Lomba Perancang Aksesoris dan Jakarta Fashion Week.

8. Siapa saja yang datang ke Jakarta Fashion Week 2015?
Acara ini akan dihadiri oleh para pelaku dan pencinta industri fashion, media, buyers dari dalam dan luar negeri.

9. Bagaimana cara menyaksikan Jakarta Fashion Week 2015 secara langsung?
Anda harus memiliki tiket untuk menyaksikan Jakarta Fashion Week. Tiket dapat diperoleh melalui desainer, sponsor atau Jakarta Fashion Week. Desainer dan sponsor mungkin memiliki program khusus untuk mendapatkan tiket Jakarta Fashion Week, misalnya kuis melalui website atau social media. Jakarta Fashion Week akan membuka registrasi tiket pada bulan September melalui website kami.
Untuk informasi lengkap cara mendapatkan tiket JFW 2015, klik: http://www.jakartafashionweek.co.id/id/faq.public

10. Dimanakah saya bisa mendapatkan informasi mengenai Jakarta Fashion Week?
Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai acara ini melalui:
Website: www.jakartafashionweek.co.id
Facebook: www.facebook.com/jakartafashionweek
Twitter: www.twitter.com/jktfashion
Email: Info@jakartafashionweek.co.id

11. Apakah Buyers’ Room?
Buyers’ Room adalah program yang didukung oleh Kementrian Perdagangan Republik Indonesia untuk memperkenalkan karya-karya para desainer lokal kepada buyers manca negara. Setiap tahun, Jakarta Fashion Week mengundang buyers lokal, Asia dan Eropa agar mereka dapat berinteraksi langsung dengan para desainer dan membawa produk Indonesia ke luar negeri. Buyers’ Room tidak terbuka untuk umum. Dalam tempat ini terdapat 40 booth yang diisi oleh para desainer. Salah satu kisah sukses Buyers’ Room tahun lalu adalah keberhasilan Major Minor menembus pasar Eropa setelah produknya dibeli oleh Harvey Nichols asal Inggris dan berlanjut hingga kini. Buyers’ Room yang akan dibuka sejak 16 Oktober 2013 di Senayan City. Buyers’ Room ini akan bersinergi dengan Indonesia Trade Expo yang diselenggarakan oleh Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, 16-20 Oktober 2013 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta dengan tema Trade with Remarkable Indonesia. Lebih dari 10.000 buyer asing dan 25.000 buyer domestik diprediksi akan datang ke acara ini. Tentu saja, buyer dari bidang fashion juga diharapkan dapat bertatap muka langsung dengan para desainer Indonesia di Buyers’ Room JFW 2015.

12. Apakah Indonesia Fashion Forward?
Jakarta Fashion Week, British Council dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan progam pengembangan kapasitas desainer muda Indonesia yang disebut Indonesia Fashion Forward. Program ini melibatkan Centre for Fashion Enterprise, sebuah institusi pengembangan desainer muda di London. Dalam program IFF, para desainer diajarkan tidak hanya tentang proses kreatif, tetapi juga proses produksi, penentuan harga, teknik memperesentasikan koleksi yang tujuannya agar mereka siap menembus pasar internasional.

13. Apakah dalam event ini terdapat stand produk-produk yang yang dijual untuk publik?
Pada tahun ini, Jakarta Fashion Week bekerja sama dengan Bank Mandiri yang menghadirkan Pasar Indonesia. Di dekat area Fashion Tent dan Atrium akan terdapat booth menampilkan produk-produk mitra binaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Bank Mandiri serta Wirausaha Muda Mandiri. Pasar Indonesia akan mempertemukan para wirausaha dan konsumen secara langsung sehingga produk mereka dapat semakin dikenal.

Media

1. Berapa jurnalis yang meliput acara ini?
Panitia JFW 2015 mengundang seluruh media terkemuka dalam negeri termasuk media elektronik dan cetak. Selain itu, kami juga akan mendatangkan sejumlah jurnalis asing untuk meliput. Setiap tahun, JFW diliput oleh lebih dari 1.000 jurnalis lokal dan internasional

2. Bagaimana cara saya mendaftarkan diri untuk meliput acara ini?
Pendaftaran media akan kami buka pada bulan September 2013 pada bagian registrasi di website www.jakartafashionweek.co.id. Klik Press untuk mendaftarkan diri Anda dan melengkapi persyaratan yang ada. Karena kesibukan akan sangat tinggi pada hari show, maka kami harap Anda mendaftarkan diri Anda sebelum deadline. Untuk keterangan lebih lanjut atau hubungi press@jakartafashionweek.co.id.

3. Apakah fasilitas yang bisa didapat bagi media dalam Jakarta Fashion Week 2015?
Fasilitas Press Room ditujukan khusus untuk para wartawan selama acara berlangsung. Dalam ruangan ini para wartawan dapat:
a) Menghadiri press confrence yang akan diselenggarakan oleh penyelenggara maupun sponsor dan designer
b) Membuat janji untuk mengadakan interview dengan staf Media Center dan melakukan interview tersebut di lokasi Media Center.
c) Menggunakan fasilitas internet.
d) Mendapatkan rilis press terakhir
e) Berita yang sudah keluar akan dikliping di ruangan ini. Bila berita Anda sudah tayang, silahkan untuk memberikannya kepada petugas Media Center untuk ditampilkan.

4. Bagaimana cara menghadiri press conference JFW 2015?
Jurnalis yang telah memiliki ID peliputan yang dikeluarkan oleh panitia JFW 2015 dapat menghadiri semua press conference. Jadwal lengkap press conference selama JFW 2015 berlangsung dapat Anda ketahui di Media Center.

5. Apakah ada undangan khusus untuk menghadiri press conference?
Undangan press conference dikirimkan oleh penyelenggara acara (seperti desainer, pemilik brand dan media). Panitia Media Center tidak menyediakan undangan press conference tertentu. Jika Anda berminat untuk mendapatkan undangan press conference dari penyelenggara acara secara langsung, Anda dapat menghubungi pihak desainer atau sponsor

6. Apakah ada program khusus untuk para jurnalis?
JFW 2015 menggelar JFW 2015 Media Award, ajang apresiasi bergengsi bagi para jurnalis yang meliput JFW 2015. Tim juri dari Femina Group akan memilih artikel terbaik dan akan diumumkan pada awal tahun 2013. Para pemenang akan mendapatkan hadiah bernilai total puluhan juga rupiah. Untuk mempermudah proses seleksi, kirimkan hasil liputan Anda ke media.relation@feminagroup.com atau Tim Humas JFW, Gedung Femina, Lantai 4, JL HR Rasuna Said Blok B Kav. 32-33, Jakarta 12910.

Fashion Show

1. Siapa saja desainer yang dapat menampilkan karyanya di Jakarta Fashion Week 2015?
Para desainer dapat menampilkan karyanya di JFW 2015 melalui berbagai jalur, seperti asosiasi fashion (APPMI dan IPMI), kompetisi fashion (Lomba Perancang Mode 2013 dan Lomba Desain Seragam), program Indonesia Fashion Forward 2013 atau program sponsor.

2. Jika saya ingin menampilkan koleksi desain tanpa melalui program di atas, bagaimana caranya?
Anda dapat menghubungi Divisi Bisnis JFW 2015 Bagian Slot : 021-5266666 ext 4291 atau e-mail fajar.yuliansyah@feminagroup.com

3. Saya ingin membuka booth selama penyelenggaraan JFW 2015. Siapa yang harus saya hubungi?
JFW 2015 tidak membuka booth. Selama penyelenggaraan, hanya sponsor yang dapat membuka booth di seluruh area JFW 2015.

Bisnis

1. Perusahaan saya ingin berpartisipasi dalam JFW 2015. Bagaimana caranya?
Hubungi Divisi Bisnis: Telp : 526 6666, 520 9370, 525 3816 ext.3286, 3280. Fax : 5292 0120, 5292 0124. Email: commerce@jakartafashionweek.co.id.

2. Apakah perusahaan yang menjadi mitra atau sponsor JFW 2015 harus yang berhubungan dengan industri fashion?
Industri fashion Indonesia membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, tidak hanya yang terkait dengan fashion, seperti perbankan, teknologi, telekomunikasi, ritel bahkan kesehatan. Sejak JFW diselenggarakan pertama kali lima tahun lalu, kami telah bermitra dengan banyak perusahaan dari beragam industri yang memiliki komitmen besar untuk memajukan industri ini, termasuk otomotif, media dan horeka (hotel, restoran dan katering).


/ LATEST NEWS
Fashion KODE, It’s (Not Just About) K-Fashion!
Billy Tjong dan Patrick Owen bersinar di eksebisi Fashion Kode di Korea Selatan

Referensi Busana Muslim Indonesia
Lima desainer busana muslim menampilkan koleksi terkini menyambut Idul Fitri

Jejak Laskar IFF
Para desainer Indonesia Fashion Forward mengharumkan nama Indonesia di pentas-pentas dunia

Misi The Light Menyinari Fashion Indonesia
Indonesia Fashion Forward berkolaborasi dengan Contempo untuk memajukan fashion Indonesia

Workshop Digital Summit
Inilah deretan pembicara yang akan berbagi strategi untuk membuat bisnis fashion Anda mendunia