News

Kreasi Tanpa Batas Empat Kesatria Dewi

Monday, 28 Oct 2019

by Tim Peliput Jakarta Fashion Week 2020

Setelah melalui tujuh hari yang atraktif dan inspiratif, Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 ditutup dengan pergelaran Dewi Fashion Knights (DFK) di Fashion Tent JFW 2020, Senayan City, Jakarta, Senin (28/10). Dengan membawa tema Borderless, DFK memilih empat ‘ksatria’ fashion, yaitu desainer Auguste Soesastro, Mel Ahyar, Jeffry Tan, dan Adrian Gan untuk unjuk kreasi mereka.

Auguste yang sudah tiga kali menjadi Ksatria DFK membawa modernisasi tanpa mengurangi nilai tradisional. Koleksinya yang berjudul “Javanese Invasion” mengeksplor banyak elemen yang belum pernah ia 

padukan sebelumnya. Ia memadukan esensi  tradisional Jawa dan busana modern Eropa.

Sementara itu Mel Ahyar mengambil sisi ketidaksempurnaan dan keunikan setiap jati diri. Dengan koleksi “Skins”, Mel Ahyar bercerita tentang media sosial dan kesehatan mental. Ia juga mengungkapkan bahwa ia berusaha berkarya tanpa menimbulkan sampah dengan menggunakan pola sedemikan rupa dan detail yang menggunakan sisa bahan.

Ksatria berikutnya, Jeffry Tan, mempersembahkan koleksi yang meleburkan beberapa unsur elemen laki-laki dan perempuan menjadi kesatuan, dengan desain structured dan fluid. Ia juga menggunakan bahan tenun tradisional dan material industri untuk koleksi ini. Selain menggabungkan dengan karakternya yang tailored dan maskulin, Jeffry Tan juga mengeksplor berbagai aksesoris dan pola di pakaiannya untuk menghasilkan tampilan yang ditujukan bagi wanita modern dan dinamis ini.



Menutup acara, Adrian Gan menunjukkan koleksinya dengan mengeluarkan sisi kreativitasnya yang lain. Kali ini ia menggunakan kain ulos Batak yang dirancang menjadi lebih modern. Tidak hanya itu, ia juga menambahkan detail pada koleksinya melalui unsur bahan dan menghasilkan rancangan yang tampak kekinian dan wearable.  Adrian mengungkapkan bahwa koleksinya ini adalah bentuk dari apa yang ingin ia buat tapi belum pernah ditunjukkan.

Sejak diadakan pertama kali tahun 2008, DFK telah menghasilkan sejumlah alumni desainer terbaik Indonesia seperti  Rinaldy A. Yunardi, Toton, Sapto Djojokartiko, Sebastian Gunawan, Barli Asmara dan Peggy Hartanto. 

(ELV)