News

Mengupas Sisi Terbaik Wanita di Indonesia Women's Forum 2018

Wednesday, 14 Nov 2018

by Zea Zabrizkie

Majalah Femina sudah dikenal sebagai salah satu poros pemberdayaan wanita, salah satunya melalui program Wanita Wirausaha. Memperluas lingkup, Femina menggandeng Google dan Procter & Gamble Indonesia (P&G) untuk menyelenggarakan Indonesia Women's Forum (IWF) 2018 untuk pertama kalinya.


Tidak hanya melulu membahas pengembangan bisnis dan karier bagi wanita, IWF 2018 yang memiliki tema besar 
Bringing the Best of Indonesian Women ini juga mengangkat isu-isu penting terkait perempuan dan gender. Ajang yang berlangsung pada tanggal 7 - 9 November 2018 di Ciputra Artpreneur Jakarta ini diisi berbagai konferensi, workshop, dan masterclass yang menarik, disertai dengan gelaran produk lokal.

Ada banyak tagar menarik yang bertaburan di sepanjang acara ini, dua di antaranya adalah #WomenWill dan #SiapaBilangGakBisa. Tagar ini tidak hanya menyuarakan mimpi dan tekad wanita untuk turut menjadi penopang perkembangan ekonomi dan politik negeri, namun juga pencapaian-pencapaian yang sudah dapat dilihat dan dijadikan panutan sejauh ini.


Tagar #WomenWill adalah hasil kolaborasi antara program Wanita Mandiri Ekonomi dari Femina dengan Google Indonesia, yang sebelumnya juga telah meluncurkan Gapura Digital untuk memajukan UKM nasional. Hal ini sejalan dengan visi 
Google dalam membantu pemerintah untuk menjadikan Indonesia negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020. Wanita sendiri, sebagai wirausahawan, telah tercatat menyumbang 56.5 persen pendapatan domestik bruto.

Lain halnya dengan tagar #SiapaBilangGakBisa yang diusung majalah Femina dengan  P&G, dalam hal ini merek sampo Pantene. Lebih fokus pada pengembangan karir, tema yang dipilih adalah Future of Work yang mengupas tema-tema terkait pergeseran konsep wanita karir di tingkat masyarakat, perusahaan, dan individual.


Ada banyak wanita-wanita luar biasa yang membagikan kisah dan pemikiran mereka dalam IWF 2018 ini, misalnya saja Menteri Luar Negeri Indonesia - 
Retno Marsudi, Menteri Keuangan - Sri Mulyani, Gubernur Jawa Timur terpilih - Khofifah Indar Parawansa, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia - Puan Maharani, Head of Marketing Google Indonesia - Veronica UtamiDirektur Eksekutif Jurnal Perempuan - Dr. Atnike SigiroCo-Founder Female Daily - Hanifah Ambadar, Brand Communication Manager P&G Indonesia - Febrina Herlambang,  Anggun C SasmiNajwa Shihab, Silvia Halim, dan 
Anaz Siantar.