News

Akulturasi Dualisme

Wednesday, 16 Nov 2011

by JFW

Smartphone pun bisa menjadi inpirasi sebuah rancangan busana. Ide tersebut dituangkan Yosafat Dwi Kurniawan pada 20 busana dalam Nokia Show di Jakarta Fashion Week (JFW) 2012. Nokia pada JFW 2012 tampil menggebrak dengan ponsel anyar terbarunya, N9. Slim dengan desain sederhana, namun mampu menjawab kebutuhan konsumen yang haus akan inovasi teknologi terbaru.

Pada show tanggal 16 November 2011, Yosafat menghadirkan rancangan bertajuk ‘Dichotomy’ dengan filosofi dualisme yang dipadankan secara harmonis dalam sebuah rancangan busana. Ia memadukan dua unsur bertolak belakang, maskulin namun lembut, layaknya smartphone terbaru Nokia N9 yang slim namun fungsional.

Siluet kuat, garis rancangan struktural, hitam kelam. Itulah yang bisa disimpulkan dari koleksi Yosafat kali ini. Pencil skirt, cropped pants, jaket, serta kemeja tampil menghiasi panggung Promenade. Karakteristik tegas juga muncul pada penggunaan bahan yang memperkuat busana berpotongan clean cut yang selalu diusung Yosafat.

Sentuhan feminin mencuat lewat pemakaian renda, satin, serta beludru yang menciptakan kesan elegan. Aksen renda bisa dilihat pada saku celana dan beberapa bagian busana. Sedangkan penggunaan beludru dengan nyata menciptakan kesan lembut meskipun potongannya tegas. Dualisme, dua sisi inspirasi mode, yang sukses menelurkan referensi gaya terkini.

Ayumi Tanggo (Tim Peliput Pesona)