News

Menuju Pekan Mode Terbesar Indonesia

Sunday, 6 Nov 2011

by JFW

Cita-cita menjadikan Jakarta dan Indonesia sebagai salah satu pusat mode yang diperhitungkan di Asia kian dekat. Bertempat di Pacific Place Jakarta, Jakarta Fashion Week (JFW) 2012 akan digelar pada 12-18 November 2011. Pekan mode yang mengemas 51 show dan memperagakan lebih dari 2.000 outfit ini ditujukan untuk memberi ruang untuk interaksi kreatif para desainer dan para buyer.

“Bisa dibayangkan kemegahan JFW tahun ini. Kami bangga JFW telah dipercaya menjadi tolok ukur tren mode di tanah air. Untuk show pembukaan tahun ini, kami menarik desainer ASEAN yang memiliki rekam jejak yang dalam di industri mode global,” ungkap Svida Alisjahbana, Ketua Umum JFW 2012.

Untuk kemajuan Jakarta Fashion Week, panitia menajamkan peluang pengenalan mode Indonesia ke luar negeri dan menghadirkan inspirasi dunia dengan mengundang sejumlah desainer mancanegara. “Untuk koneksi desainer-desainer Jerman dan Berlin Fashion Week melalui Goethe Institute. Kedutaan Meksiko juga turut berkontribusi untuk mendatangkan desainer mereka, Pineda Covalin. Justin Smith, millinery dari Inggris, juga kami dapatkan berkat bantuan British Council,” papar Svida lebih lanjut.

IPMI (Ikatan PErancang Mode Indonesia) sebagai organisasi mode yang turut bergabung dalam JFW tahun ini akan menampilkan show yang didedikasikan untuk Robby Tumewu. “IPMI merupakan organisasi mode tertua di Indonesia. Banyak senior kita yang berjaya di industri ini. Tak hanya menjadi kemajuan untuk IPMI saja, tapi juga untuk Indonesia. Kita tak akan melupakan itu. Salah satu seniornya adalah Robby Tumewu yang saat ini kondisinya kurang sehat. Itu alasan di balik tema show kami,” ungkap Tri Handoko, Ketua IPMI

“Sebelum menjadi seorang entertainer, dia merupakan fashion designer. Dia melakukan terobosan untuk kain daerah. Orang lain belum memikirkan itu, dia sudah maju lebih dulu. Dia telah memberi warna pada dunia mode Indonesia. 10 desainer yang terlibat dalam show ini masing-masing merepresentasikan sebuah warna. Desainnya terinspirasi Robby namun masih dengan ciri khas masing-masing dengan 6 set pakaian,” tambah Era Soekamto, PR Coordinator IPMI.

Sama seperti tahun lalu, gaung JFW ditargetkan mencapai ke beberapa negara di dunia dengan bantuan rekan media global. Apresiasi dan animo terhadap JFW kian dirasa. Australian Broadcasting Corporation (ABC) sudah memberikan konfirmasi kehadiran mereka meliput JFW 2012. Jerman juga mengirimkan 5 kru televisinya ke Indonesia, khusus untuk JFW 2012!

Meskipun tahun ini kerjasama global lebih terangkat, JFW tetap menomorsatukan dan membidik perkembangan mode di pasar lokal. “Kita lihat saja perkembangan Indonesia di krisis ekonomi global seperti sekarang ini. Justru GDP per capita kita melejit. Kami bersama partner JFW yaitu BRI kian giat untuk mendorong para retailer lokal untuk memanfaatkan momen ini. BRI memang memberikan undangan khusus untuk mereka,” tambah Svida Alisjahbana.