News

Tentukan Target Pasar Mode

Thursday, 29 Sep 2011

by JFW

Jakarta Fashion Week kembali mengadakan seminar untuk berbagi ilmu dan menambah wawasan para pelaku industri mode tanah air. Setelah seminar trend forecasting, Jakarta Fashion Week  juga menggelar seminar Kiat Sukses Membidik Pasar Fashion yang menghadirkan 8 pembicara kompeten.

“Industri mode adalah industri yang berkembang dan industri ini terus diperhatikan oleh Departemen Perdagangan. Dalam industri kreatif, segi mode menjadi kontributor terbesar di tingkat ekspor. Lebih dari 50% disumbangkan industri mode. Tujuan Femina Group mengadakan seminar ini bersama Kementerian Perdagangan adalah untuk mengajak para pelaku mode cara membidik pasar mode yang luas ini,” jelas Svida Alisjahbana, CEO Femina Group.

Seminar yang diadakan 28 November lalu di Auditorium Kementerian Perdagangan ini menghadirkan Sarinah Department Store, Ari Seputra, The Goods Dept., Cotton Ink, Alleira Batik, Dewi Moran dari Trans Mahagaya, BRI, dan Kementerian Perdagangan.

Dalam Jakarta Fashion Week tahun ini, sudah lebih dari 50 show yang akan ditampilkan, lebih dari 100 designer yang terlibat, dan lebih dari 200 model berpartisipasi dalam Jakarta Fashion Week 2012. Begitu juga dengan buyer internasional yang jumlahnya puluhan. Untuk itulah, desainer lokal Indonesia perlu mempertimbangkan langkah menuju pasar mancanegara.

“Seminar ini diharapkan dapat memberi dorongan semangat kepada pelaku mode untuk terus mengambangkan kreativitas dan inovasi dalam penciptaan produk mode sehingga memiliki daya saing untuk dapat diterima di pasar,” lanjut Dody Edward, Direktur Pengembangan Produk Ekspor dan Ekonomi Kreatif, Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan.

Perkembangan industri mode yang pesat juga kian mendongkrak laju para perancang mode tiap tahunnya. Hal ini bisa dilihat dari animo masyarakat terhadap Lomba Perancang Mode (LPM) 2011. Tahun ini, tim panitia LPM 2011 menerima 296 perancang!

Seminar yang menjadi bagian perjalanan menuju Jakarta Fashion Week 2012 ini semakin mengembangkan cita-cita JFW sebagai sebuah platform yang dibanggakan kota Jakarta sekaligus menjadikan Indonesia sebagai pusat arahan mode di Asia Tenggara. Jakarta Fashion Week 2012 akan digelar pada 12-18 November 2011 di Pacific Place, Jakarta. Dukung industri mode tanah air melalui Jakarta Fashion Week!