News

Tren Mode Global, Penting Diketahui!

Thursday, 28 Apr 2011

by JFW

Inilah workshop yang paling ditunggu-tunggu para desainer dan pekerja mode Indonesia: "Trend Research & Collection Development"! Workshop dengan pembicara Massimo Casagrande ini tentunya akan menambah wawasan dan meningkatkan ilmu para pekerja mode tanah air.

"Indonesia sudah mulai masuk perhitungan. Masih jelas di ingatan kita tentang busana Tex Saverio yang dipakai Lady Gaga dalam majalah Harper's Bazaar Amerika. Workshop ini diharapkan bisa memberi arahan dalam membuat karya," jelas Svida Alisjahbana. "Pasar domestik kita sudah bisa mengantisipasi tren dan sekarang fokusnya adalah meningkatkan kemampuannya," sambung Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.

Pada workshop hari pertama, Massimo memberikan penjelasan dasar tentang sejarah fashion dan style yang dikembangkan dari masa ke masa. Untuk riset mode, peserta workshop diberi arahan mengenai wadah yang berguna, seperti trade fairs, street style, atau seni arsitektur.

Dalam sebuah research book, Anda bisa mencatat berbagai macam hal. Ini meliputi mood, warna, bahan, tekstur, bentuk, dan lain-lain yang akan menginspirasikan desain Anda.

"Tak pernah ada yang namanya kebanyakan meriset, itu justru bagus! Lihat sekeliling Anda untuk sumber inspirasi, baik yang disuka maupun tidak. Dan jangan lupa selalu bawa kamera. Anda tidak tahu apa yang Anda temukan bukan?" ungkap Massimo dalam sebuah sesi.