News

6 Label Lokal Tembus Singapura

Thursday, 16 Aug 2012

by JFW

Misi Jakarta Fashion Week (JFW) dalam mengembangkan industri mode tanah air semakin menunjukkan kemajuan yang membanggakan. JFW berperan sebagai perantara dunia mode Indonesia yang menghantarkan hasil kreativitas anak bangsa ke jenjang akses yang lebih besar. JFW bekerja sama dengan sebuah department store ternama Jepang, Isetan (cabang Singapura), untuk mengenalkan produk Indonesia di negara tetangga tersebut.

Kolaborasi ini sesuai dengan tema besar tahun ini, yaitu Indonesia Today, The World Tomorrow. “JFW akan sedikit berbeda tahun ini, karena kami akan mendatangkan international buyer. Niat seperti ini sudah ada sejak penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya, dan pada tahun ini minat serius mereka mulai terlihat nyatase. Kolaborasi ini juga didukung penuh oleh Kementerian Perdagangan,” terang Lenni Tedja, Direktur JFW.

Beberapa bulan lalu, pihak Isetan datang ke Jakarta untuk pertama kalinya dan mereka menyaksikan sendiri betapa potensialnya industri mode Indonesia. Dengan segera, mereka mengadakan pertemuan lebih lanjut dengan tim JFW dan memutuskan untuk  membuat program baru, yaitu Designer’s Week.

Melalui program ini, Isetan mendedikasikan satu area khusus untuk para desainer Indonesia. Label Indonesia yang terpilih adalah Antyk Butyk, Canvas Living, Frej, Hunting Fields, Klè, dan Major Minor untuk Designer’s Week yang diadakan selama 7-30 September mendatang.

“Kami berharap ini menjadi program rutin untuk membuka peluang bagi desainer Indonesia untuk mendapat tempat di Isetan. Tak hanya di Singapura, karena Isetan juga memiliki banyak cabang di Asia, seperti di Malaysia, Cina dan tentu negeri asal mereka, Jepang. Ini peluang bagus. Pihak Isetan sendiri juga akan datang saat JFW 2013 sebagai buyer,” lanjut Lenni Tedja.

“Saya tahu Isetan karena dulu pernah ikut acara trade show bernama Blue Print sekitar setahun lalu. Saya juga pernah bertemu pihak Isetan saat di Brightspot Market. Untuk Designer’s Week ini juga tak lepas dari peranan mediasi tim JFW,” komentar Kleting Titis Wigati, desainer label Klè. (Nadya Paramitha/Grazia)