News

Antara Seni dan Tradisi Seniman Mode Thailand

Monday, 5 Nov 2012

by JFW

Pemerintah Kerajaan Thailand mendukung penuh potensi seni dan konservasi tradisi dalam industri modenya melalui Department of International Trade Promotion (DITP). Tahun ini menjadi kali kedua Jakarta Fashion Week (JFW) bekerja sama dengan DITP. Setelah JFW menampilkan label ready to wear (x)SML di Bangkok International Fashion Fair & Bangkok International Leather Fair tahun ini, kini giliran DITP yang unjuk kreasi dalam 4 label fashion ternama, Payapa, Paul Direk, Akara dan Dhanu.

Di hari kedua JFW yang jatuh pada hari Minggu (4/11) dan merupakan hari dengan jadwal terpenuh dan tersibuk, waktu show yang sedikit mundur tak mengurangi antusias para tamu undangan dan para pengunjung yang memadati Fashion Atrium Plaza Senayan. Sebanyak 48 koleksi dari Thai Fashion and Jewelry Inspiration dipersembahkan. Koleksi perhiasan Bold and Beautiful dari De Frost Jewelry Co. juga turut mewarnai koleksi para seniman mode asal Thailand ini.

Show dimulai dengan penampilan monokromatik dari Payapa. Deretan busana berpotongan simpel namun elegan tampil dalam warna serba hitam putih. Koleksi ‘aman’ dari desainer yang juga sering mendesain kostum penari ini. Kemudian dilanjutkan dengan persembahan Paul Direk yang  unjuk kreasi dengan koleksi berpotongan dekonstruktif dalam napas kekinian.

Applause panjang dari para penonton pun mengiringi keluarnya koleksi dua desainer Thailand berikutnya, Akara dan Dhanu. Akara mengangkat tradisi dan seni ke dalam kreasi rancangannya. Koleksi dari material alami dan proses lukis tangan pada gaun-gaun panjang berpotongan feminin tampil ringan melayang di atas catwalk.

Menutup penampilan Thailand Fashion and Jewelry Inspiration di JFW kali ini, desainer Dhanu yang identik dengan sutera khas Thailand yang berornamen oriental. Sebanyak 12 koleksi rancangan yang memukau terlihat melekat sempurna pada liuk tubuh perempuan. Dari keseluruhan koleksi yang ditampilkan terlihat nyata bahwa persembahan dari para desainer asal Negeri Gajah Putih ini tidak hanya inspiratif, tetapi juga menjunjung semangat konservasi tradisi yang indah. Jika Anda ketinggalan show ini, jangan khawatir, booth DITP masih dapat Anda kunjungi di Plaza Senayan hingga hari terakhir perayaan mode Jakarta Fashion Week 2013. (Christine Evans / Tim Peliput Dewi)