News

Dicari: Model JFW 2013!

Thursday, 5 Jul 2012

by JFW

Bulan November dipastikan akan menjadi bulan yang ditunggu oleh penikmat mode Indonesia. Betapa tidak? Perhelatan mode utama dan terbesar di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2013, kembali digelar! Event mode ini akan dilaksanakan pada 3-9 November 2012 di Plaza Senayan, Jakarta.

Menjelang perhelatannya, JFW menyiapkan berbagai rangkaian acara yang mendukung misi utamanya untuk mengembangkan industri mode Indonesia. Berbagai workshop hingga kompetisi telah digelar, termasuk audisi Model Search yang diadakan 2 Juli lalu di atrium Plaza Senayan.

“Peran model dalam sebuah fashion week itu cukup besar. Dan kami tak melupakan faktor pendukung tersebut. Inilah alasan diadakan Model Search. Kita memilih model yang nantinya akan tampil di panggung JFW 2013. Antusiasme untuk audisi ini hampir sama seperti tahun lalu. Ada sekitar 200 orang yang mendaftar. Untuk audisi ini, tim JFW 2013 dibantu Panca Makmun dan tim fashion editor femina Group” ujar Lenni Tedja, Direktur JFW.

Sepanjang penyelenggaraan JFW tahun lalu, lebih dari 100 model terlibat selama tujuh hari. Selain tampil dengan karya-karya desainer dalam dan luar negeri, mereka juga mendapat perhatian besar dari media lokal dan internasional. “Dari segi karier, JFW sangat berperan bagi model. Saya harus mengucapkan terima kasih kepada JFW. Saya punya kesan tersendiri tentang keterlibatan saya di event ini. Di atas panggung, kami memang tampil cantik dan sempurna. Tetapi di belakang panggung tak banyak yang tahu. Semua serba cepat di backstage dan sulit mengatur waktu ke toilet,” ungkap Laura Muljadi, salah satu model profesional di sela konferensi pers yang diadakan pada penyelenggaraan Model Search.

“Tak mudah menjadi model. Kami selalu dituntut segar di atas panggung, meski kondisi sudah drop. Namun, senangnya, selalu ada pengalaman baru setiap terlibat dalam JFW. Untuk terlibat penuh dalam JFW, model harus siap dengan kondisi fisik, mental, dan tingkat kesabaran ekstra,” sambung Renata, model professional.

Audisi kali ini juga menandai peran serta Plaza Senayan dalam mendukung industri mode Indonesia. “Inilah perbedaan mendasar dari perhelatan tahun lalu, yaitu lokasi. Kami butuh ruang yang lebih besar tahun ini,” tambah Baslir Djamal, Direktur Komersial JFW, saat konferensi pers.

Tak hanya audisi Model Search, JFW tahun ini juga lebih kaya dengan hadirnya berbagai kompetisi. Sebut saja, Lomba Perancang Aksesori, Make Up Artist Search, Hairstylist Search, dan Matahari Fashion Award for Fashion Blogger Styling. (Nadya Paramitha/Foto: Buchori)