News

Jelajah Waktu Obin

Thursday, 8 Nov 2012

by JFW

Kali keduanya mengikuti Jakarta Fashion Week (JFW), Obin bersama dengan Majalah Pesona berkolaborasi dalam peragaan busana yang kental akan karya seni. Obin, yang dikenal sebagai seorang seniman kain, pada Kamis (8/11) berhasil memukau ratusan pasang mata para tamu undangan yang memadati area Fashion Loft. Dalam konferensi pers yang diselenggarakan seusai pagelaran, rentetan pertanyaan dari berbagai media seputar koleksinya siang itu satu persatu dijawabnya dengan senyum simpul.

“Dalam tajuk ‘Time Traveler’ koleksi saya mencakup pertumbuhan karya-karya saya dari tahun ke tahun, selama 40 tahun. Pada dasarnya, saya terinspirasi oleh kain dan wanita,” ujarnya ketika menjelaskan konsep rancangannya.

Di sequence pertama koleksi rancangan merah menyala menjadi koleksi pembuka.Berbagai teknik potong, dan pola sambung yang dengan apik disajikan. Misalnya saja seperti yang terlihat pada tube top beralur menyerupai kelopak bunga mawar yang indah.    

Kejutan pertama yang menghentak runway hadir pada sequence kedua. Berbagai busana dalam warna yang radiant tampil dibawakan dengan ceria oleh para model sambil menari. Padanan kebaya encim dengan celana harem pun menjadi penampilan yang mudah diadaptasi.

Sequence ketiga tetap menampilkan warna-warni cerah, meski padanan berupa kain batik membuatnya lebih elegan. Dan sebagai sequence penutup, untuk pertama kalinya, Bin House mempersembahkan koleksi busana pengantin yang terbilang ringan, namun tetap memukau. Dalam penutupan ini, Obin menyelipkan kejutan ketika para model menenteng senapan mainan diiringi lagu ‘Shot Gun Wedding’ oleh Rod Stewart, tepuk tangan para undangan pun membahana.

Seperti yang sudah-sudah, Obin berhasil mengeksplorasi kekayaan murni Indonesia, dan merangkainya dalam pertunjukkan spektakuler. Tentu, Anda akan menikmati karya ini dan menjadikan karya desainer dalam negeri andalan yang Anda banggakan! (Monik Wulandari/ Tim Peliput Grazia)