News

Kekuatan Tenun Lombok

Tuesday, 6 Nov 2012

by JFW

Show kedua di Jakarta Fashion Week (JFW) 2013 pada 5 November 2012 menghadirkan kreasi inovatif dari belasan mahasiswa dari Binus International Jakarta. Bertempat di Fashion Tent, Plaza Senayan, show bertema Hyper Culture ini mengeksplorasi tenun Lombok ke dalam rancangan modern tanpa kehilangan jati dirinya.

Khusus untuk show kali ini, siswa Binus International berkolaborasi dengan 2 lulusan Northumbria University asal London, Daniel Fradgley dan Victoria Schofield. Bersama-sama, mahasiswa Binus International dan lulusan Northumbria University mengunjungi pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat. Inspirasi rancangan didapat dari kunjungan langsung ke para pengrajin tenun Lombok hasil binaan Cita Tenun Indonesia. Teknik dan aplikasi tenun inilah yang diwujudkan dalam koleksi Hyper Culture. Penggunaan berbagai material—dari satin hingga chiffon—dengan sentuhan etnik dari tenun Lombok menjadikan show ini berbeda; sarat nuansa tradisional modern.

Kepiawaian teknik padu padan para siswa Binus International dan Northumbria University mendominasi tiap rancangan dengan tone warna pastel hingga warna bold yang diwujudkan di atas bahan woven. Tak lupa dengan teknik pleat maupun crease dengan siluet asimetrik yang modern. Koleksi ini juga menampilkan berbagai gaya; formal atau informal, berbagai warna, playful hingga elegan, dan tentu saja dengan aplikasi tenun Lombok dalam tiap busana. Menarik! (Ardyna Sinaga/Tim Peliput Pesona)