News

Melaju Bersama Matahari

Wednesday, 19 Sep 2012

by JFW

    Sebagai bagian dari workshop Ready to Wear Success Strategy: Real World Tips yang diselenggarakan pada tanggal 19 September 2012 dalam rangkaian kegiatan menuju JFW 2013, hadir pula Matahari Department Store sebagai salah satu mitra JFW 2013. Pada kesempatan ini Matahari yang diwakili oleh Christian Kurnia selaku Director of Merchandising & Marketing PT. Matahari Departement Store TBK berbagi rahasia suksesnya. Sebagai retail fashion terbesar dan tersukses di Indonesia yang telah berdiri sejak 54 tahun lalu, kini Matahari memiliki 110 area yang tersebar di 50 kota di Indonesia dan membuka lapangan kerja bagi kurang lebih 40.000 orang karyawan.

    â€œKunci sukses kami ada di brand awareness. Hampir semua orang Indonesia tahu Matahari Departement Store, maka dari itu kami tak pernah putus beriklan di semua media agar orang selalu ingat Matahari,” jelas Christian. Di depan sekitar 120 peserta workshop yang sebagian besar adalah para pebisnis di bidang fashion, Christian menguraikan faktor-faktor pendukung suksesnya Matahari hingga kini.

   Faktor seperti agresifitas dalam membuka lokasi baru, iklan yang tak pernah putus, memiliki produk ekslusif atau private label dibawah naungan Matahari, seleksi ketat terhadap barang yang akan dijual, sampai bekerjasama dengan konsultan fashion asing dipaparkan secara detail sehingga membuat para peserta workshop antusias. Christian bahkan menjelaskan pentingnya para pebisnis fashion untuk jeli melihat peluang dan momen. Hari-hari spesial seperti momen Hari Raya, liburan sekolah, dan sejenisnya biasanya dimanfaatkan Matahari untuk menjaring omset yang lebih tinggi.

    Optimisme dan semangat yang dimiliki Matahari agaknya menjadi pemicu bagi para peserta workshop untuk semakin kreatif dalam berkarya dan berbisnis. Apalagi turut dipaparkan pula bahwa Indonesia  termasuk salah satu Negara yang memiliki potensi market terbesar di dunia. Jumlah penduduk Indonesia yang berada pada kelompok sosial ekonomi menengah, dimana pada posisi ini mereka sangat suka belanja, menempati posisi ketiga di dunia.

    â€œPartnership dengan Matahari dimulai dari partner terkecil. Bisa saja jika ingin bekerja sama dengan kami namun merasa produknya hanya cocok di kota-kota tertentu di Indonesia, ya silahkan saja,” jelas Christian. Sebagai retail fashion terbesar di Indonesia, melalui JFW 2013 hingga ke depannya Matahari akan menjajaki kemungkinan para desainer-desainer yang tampil di JFW untuk berada di department store. Matahari sendiri pada JFW 2013 nanti akan menampilkan brand-brand andalan mereka di show hari ketiga JFW 2013 pada tanggal 5 November 2012. (Erin Metasari/Pesona)