News

Menuju Hongkong Fashion Week

Thursday, 6 Sep 2012

by JFW

Setelah memenangkan LPM Entrepreneur Award 2011 dan meraih kesempatan berguru di Istituto Marangoni, Milan, Albert Yanuar makin mantap menjadi perancang busana.
    â€œApresiasi dari pengajar Istituto Marangoni itu seperti menyemangati saya. Saya bisa membanggakan produk saya dan Indonesia di Milan. Terpikir, nih, nanti saya harus dapat apresiasi serupa jika tiba saatnya go international. Ketika pulang, saya harus memanfaatkan pelajaran ini sebaik-baiknya,” kata Albert kepada Grazia.
    Albert langsung berstrategi. Dia berencana merenovasi butik, memperbaiki manajemen, dan menyiapkan berbagai cara untuk meningkatkan awareness—persis seperti yang diajarkan Istituto Marangoni.
    â€œSebelum ke Milan, saya cenderung otoriter. Mungkin karena background saya agak keras, jadi saya ingin pekerja di sini mengalami itu. Ternyata itu salah. Kesempatan saya ke Milan ini semacam introspeksi. Sekarang, saya lebih banyak sharing dengan mereka. Saya sedang membangun agar karyawan-karyawan saya bekerja seperti di antara keluarga.”
    Ketika ditanya mimpinya saat ini, Albert tak ragu menjawab. “Membuat perusahaan sebagai perusahaan keluarga. Ada yang bekerja mati-matian dan akhirnya mengorbankan keluarga demi bisnis. Saya tak mau begitu. Saya mau keduanya berjalan seimbang. Dan, keluarga yang dimaksud ini juga tak hanya keluarga kandung.”
    Albert juga bermimpi untuk membawa brand-nya ke luar negeri. Tak mudah, namun Albert mengerti bahwa dia harus berusaha keras.
“Saya tak mau asal bilang go international. Ingin bisnis di luar, tapi yang di dalam negeri belum kuat. Mau naik, tapi bagian bawahnya belum beres. Yang seperti, bagaimana mau sukses? Saya ingin, brand ini bisa kuat. Meskipun nanti saya sudah tak ada, brand Albert Yanuar bisa berjalan terus.”
“Saya ingin membuat lifestyle brand, jadi tak hanya baju. Ingin ada aksesori juga. Lalu, saya ingin seperti Giorgio Armani yang punya banyak lini. Oh iya, saya juga ingin punya mono brand store.
    â€œTahun depan, saya akan ke Hong Kong Fashion Week berkat rekomendasi Centre for Fashion Enterprise (CFE) dan Jakarta Fashion Week (JFW).” Albert Yanuar adalah salah satu dari delapan desainer muda berpotensi yang terpilih dalam program CFE yang digelar Jakarta Fashion Week. Pada penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2013, para desainer CFE akan menampilkan karya-karya terbaik mereka setelah mengikuti bimbingan dari para pakar fashion asal London. (Nadya Paramitha/Grazia)