News

Semangat Baru Desainer Muda

Saturday, 10 Nov 2012

by JFW

Peragaan busana Jakarta Fashion Week Fashion Forward (JFW FF) merupakan kolaborasi antara Jakarta Fashion Week, British Council, dan Center for Fashion Enterprise (CFE) yang berbasis di Inggris. Show JFW FF untuk kategori Quirky Ready to Wear dan Moslem Wear ditampilkan pada hari ketujuh JFW 2013 (9/11) di panggung Fashion Loft. Untuk kedua kategori ini, JFW FF menghadirkan koleksi hasil karya para desainer label Bretzel, Cotton Ink, Major Minor, dan Dian Pelangi. Semua koleksi yang dipamerkan mencerminkan ciri khas tiap desainer.

Dian Pelangi menampilkan garis rancangan yang mengambil inspirasi dari alam Afrika dalam koleksi The Safari Troops. Warna-warna tanah yang mendominasi seperti oranye, merah bata, kuning, dan cokelat dipadu warna-warna cerah seperti biru, pink, hijau, dan ungu. Dian menggunakan corak tie dye dan teknik layering pada busana dan penutup kepala yang dipamerkan kali ini. Sebagai aksesori, Dian menambahkan gelang yang bernuansa emas dan berbagai varian outer.

Warna-warna monokrom seperti hitam, abu-abu, dan biru tua mendominasi koleksi Acroporee dari Bretzel karya Imelda Kartini. Terinspirasi dunia bawah laut dan pantai, Imelda memberi sentuhan berbeda pada rancangannya dengan menambahkan hiasan kepala dan vest yang terbuat dari teknik knit.

Carline Darjanto dan Ria Sarwono yang merupakan “otak” di balik label Cotton Ink menampilkan koleksi Spring Summer 2013 berjudul Global Sailor. Mereka menggunakan warna-warna navy dan pastel serta motif stripes dan tenun pada koleksi ready to wear-nya. Untuk aksesori, Cotton Ink menghadirkan cluth simple dalam paduan warna hitam, putih, dan abu-abu.

Putih menjadi warna utama pada koleksi label Major Minor yang lahir dari kejeniusan Ari Seputra, Sari Seputra, Inneke Margarethe, dan Ambar Pratiwi. Sentuhan warna silver, abu-abu, fuchsia, dan kuning menambahkan kesan elegan. Major Minor juga bermain dengan corak tie dye. Aksesori seperti kalung, cincin, dan gelang dengan warna-warna neon semakin meramaikan koleksi Major Minor kali ini. (Fathia Fauzia/Tim Peliput Cleo)