News

Sulam dan Bordir Nusantara

Tuesday, 9 Oct 2012

by JFW

Yayasan Sulam Indonesia (YSI)  dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar festival sulam dan bordir internasional pada 4-8 Oktober  2012 lalu di Jakata Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Pameran bertajuk 'International Embroidery Festival 2012' yang diresmikan Ibu Negara Ani Yudhoyono, merupakan pameran sulam dan bordir pertama digelar berskala internasional.

“Selain Indonesia sebagai tuan rumah, festival ini diikuti sejumlah perajin dari beberapa negara antara lain Meksiko, Filipina, Korea Selatan, Vietnam, dan Malaysia,” ujar Triesna Jero Wacik, Ketua Panitia Festival. Selain diramaikan workshop belajar menyulam, pembuatan rekor selendang sulam sepanjang 2.000 cm dengan berbagai jenis sulam yang ada di Sumatera Barat, festival juga dimeriahkan dengan fashion show persembahan dari Jakarta Fashion Week (JFW). Digelar di Hall B JCC, fashion show menampilkan 3 desainer Indonesia, Albert Yanuar, Hian Tjen dan Roemah Kebaya, tampil sebagai puncak acara festival ditutup oleh Triesna Jero Wacik, yang dihadiri pula diantaranya Yasmin Gita Wiryawan,  Hesti Indah Kresnarini, dan  Juni Kartika.

Jangan lewatkan pula untuk menyaksikan karya ketiga desainer ini di Fashion Tent JFW 2013, Plaza Senayan. Roemah Kebaya akan tampil pada show Amazing Jakarta by Deskranasda DKI Senin 5 November 2012 pukul 13.00. Hian Tjen akan tampil pada L’Oreal Professionnel presents Retro Nouveau in partnership with ESTETICA Indonesia, Selasa 6 November 2012 pukul 13.00, dan Albert Yanuar akan tampil pada show Jakarta Fashion Week presents CFE Pioneer Program Designers, Jumat 9 November 2012, pukul 17.30. (Buchori/Estetika)