News

Visi Irna Mutiara

Thursday, 27 Sep 2012

by JFW

Kini, jangan pandang busana muslim dengan sebelah mata! Jika Anda melihat kembali koleksi busana muslim di Jakarta Fashion Week tahun-tahun sebelumnya, Anda pasti terpesona. Tidak ada lagi kata monoton! Perkembangan dunia fashion wanita muslim di Indonesia ini tak lepas dari peran para desainernya. Salah satunya, Irna Mutiara.

Irna Mutiara adalah desainer yang menjadi pelopor busana muslim berbahan kaus. Dari tangannya, telah lahir label Up2Date untuk busana kasual sehari-hari, Up&Go untuk busana olahraga, UpSize untuk wanita dengan ukuran besar, dan Up2U untuk busana anak. Produk eksklusifnya, Irna LaPerle, bahkan mendapat sambutan lebih banyak dari masyarakat internasional yang mengakses lewat website.

Berangkat dari produk ready-to-wear, desainer yang mengidolakan Elie Saab ini memiliki sudut pandang berbeda untuk mengembangkan dunia fashion busana muslim di Indonesia.

“Mengubah stigma busana muslim di Indonesia yang kuno dan berlindung di balik kaidah, bukan hal mudah. Namun, Indonesia punya segudang katalisator yang menjadikannya sangat potensial untuk didaulat sebagai kiblat busana muslim dunia. Penduduk muslim dengan jumlah terbesar di dunia, pemerintah yang cukup fleksibel dan tidak ortodoks, kebudayaan Indonesia yang masih bisa dieksplorasi, membuat kreativitas para perancang busana muslim berkembang pesat,” ujar Irna.

Visi Irna untuk 10 tahun ke depan pun cukup realistis dan terarah. Desainer yang garis desainnya chic, simpel, dan elegan ini tak ingin berperan sebagai produsen saja. Ia bermimpi, suatu saat dapat mendirikan lembaga yang dapat mewadahi para perancang busana muslim, lengkap dengan program pelatihan yang terarah dan tepat sasaran, sinergi yang optimal dengan pemerintah dan memiliki target yang bisa diukur. (Tim Peliput Femina)