News

Busana Muslim Menjadi Salah Satu Sorotan Utama

Wednesday, 24 Jul 2013

by JFW

Jakarta Fashion Week, sebagai salah satu event fashion week terbesar di Asia Tenggara, kembali mengadakan program Indonesia Fashion Forward. Salah satu kategori yang ada dalam Indonesia Fashion Forward 2014 adalah busana muslim. "Di tahun sebelumnya, hanya ada satu show di hari pembukaan Jakarta Fashion Week. Tahun ini, JFW 2014 akan dimulai dengan beberapa show dan menampilkan desainer Indonesia Fashion Forward 2014, termasuk desainer kategori busana muslim yaitu Jenahara, Nur Zahra, dan Dian Pelangi. Inilah yang akan membedakan JFW 2014 dengan ajang JFW di tahun-tahun sebelumnya," kata Diaz Parzada, Creative Director JFW 2014 tentang show busana muslim yang menjadi salah satu highlight di JFW 2014.

"Para desainer benar-benar dibina dan diajarkan strategi dalam berbisnis," kata desainer Jenahara tentang program Indonesia Fashion Forward 2014. Untuk koleksi yang akan ditampilkan di JFW 2014, Jenahara yang sebelumnya dikenal dengan label Jenahara Nasution akan rebrand label menjadi Jenahara Black Label dengan koleksi, material, dan desain yang lebih premium dan berbeda. Pilihan warna dark, sentuhan modern & simpel, dan desain yang edgy menjadi karakter Jenahara Black Label.

Windri Widiesta, desainer label Nur Zahra, juga menambahkan bahwa program Indonesia Fashion Forward membantu para desainer muda menjadi seperti desainer dengan established brand. Di JFW 2014 nanti, Nur Zahra menampilkan koleksi yang simpel dan membuat pemakai merasa relaks dan nyaman. Nur Zahra juga mengeksplorasi print dan warna. Target label Nur Zahra adalah para wanita yang baru menggunakan busana muslim atau beginners.

"Seorang desainer sebaiknya tidak hanya mengerti desain dan penjualan, tetapi juga memahami fotografi dan makeup. Semua hal itu saya dapatkan di program Indonesia Fashion Forward," Dian Pelangi menguraikan salah satu manfaat program Indonesia Fashion Forward 2014. Dian Pelangi akan mengeluarkan koleksi berbeda di JFW 2014 nanti, yaitu koleksi yang terinspirasi dari batik, tetapi dimodifikasi.

Ketiga brand ini dipilih menjadi desainer Indonesia Fashion Forward 2014 kategori busana muslim karena memiliki karakter yang sangat kuat. Meskipun mereka adalah desainer busana muslim, koleksi ketiga brand ini digemari dan dipakai oleh wanita yang tidak memakai hijab. Desain Dian Pelangi, Jenahara, dan Nur Zahra juga saling melengkapi dan potensial memasuki pasar internasional.

Partner JFW 2014 juga ikut bekerja sama untuk mendukung desainer Indonesia. "Tahun ini merupakan tahun kelima Mazda Motor Indonesia mendukung Jakarta Fashion Week dan desainer muda yang kreatif dan energik. Dunia otomotif berhubungan dengan desain karena otomotif tidak hanya mengandalkan teknologi, tetapi juga stylish," ujar Dwi Parileksono Purwanggoro, PR Expert PT. Mazda Motor Indonesia. Untuk keempat kalinya, The Body Shop Indonesia juga kembali menjadi official makeup dan makeup artist di JFW. "Di JFW 2014 nanti, akan ada launching produk baru dan warna baru karena makeup The Body Shop akan lebih colorful," kata Ratu Ommaya, PR & Social Media Manager The Body Shop Indonesia. Tahun ini juga merupakan tahun keempat 5àsec berpartisipasi dalam Jakarta Fashion Week. "5àsec akan membantu desainer dalam merawat pakaian dan kain," kata Fian Asfianti, Marketing & Promotion PT. Grita Artha Kreamindo.

Fathia Fauzia/Cleo