News

Dari LPM ke Pusat Mode Dunia

Monday, 8 Jul 2013

by JFW

Tahun 2011, Friederich Herman menantang dirinya dalam kompetisi Lomba Perancang Mode (LPM) yang diadakan Femina Group. Para peserta ditantang menciptakan koleksi busana siap pakai wanita masa kini hasil ‘perkawinan’ antara budaya lokal dan modernitas.

Saat itu, Friederich mengusung rancangan clean cut yang bereksplorasi pada potongan tailored serta aksen lipit. Keistimewaan koleksinya yang diberi nama Perspective ini terletak pada teknik shibori (teknik tie dye kuno dari Jepang) dan mengubahnya ke dalam potongan maskulin yang edgy. Salah satu juri, desainer Priyo Oktaviano, berkomentar, ”Kreasinya berdaya pakai tinggi dan menjual. Finishing-nya pun rapi.” Ia pun berhasil keluar sebagai pemenang kedua dan membawa pulang Rp17,5 juta.

Ketika mengikuti kompetisi dua tahunan ini, Friederich mengaku hanya ingin memenangkan persaingan. Kenyataannya, ia justru banyak bertemu dengan mereka yang berpengalaman dan terkenal di industri fashion. Tak hanya membuka kesempatan menjalin network, tapi even ini memberinya kesempatan mendengarkan pengalaman-pengalaman dari pemenang sebelumnya. “Hadiah sesungguhnya adalah mentorship,” ujarnya, senang.

Sekembalinya ke tanah air tahun 2012, Friederich kembali menerima penghargaan, kali itu sebagai pemenang LPM Entrepreneurship Award. “Saya bukanlah desainer revolusioner, tapi saya membangun bisnis dengan visi desain yang solid, pemasaran yang kuat, dan membangun branding yang kuat,” jelasnya. Atas prestasinya itu, ia mendapat kesempatan untuk menimba ilmu fashion business di Milan, Italia.

Friederich kemudian diajak meramaikan perhelatan akbar Jakarta Fashion Week (JFW) 2013 yang digelar pada November 2012 lalu. Koleksi yang terinspirasi dari kehidupan wanita urban yang aktif yang banyak didominasi garis-garis tegas dengan siluet unik ini langsung menggebrak panggung catwalk. Tak ayal, nama perancang muda yang pernah dinominasikan sebagai ‘The Most Promising Young Designer of The Year’ di ajang Malaysia International Fashion Week 2009 ini makin diperhitungkan di dunia fashion tanah air.

Tahun ini, Frederich Herman adalah satu dari 12 desainer muda yang terpilih dalam program Indonesia Fashion Forward 2013. Jakarta Fashion Week 2014 akan digelar pada 19-25 Oktober di Senayan City. Jangan lewatkan. (Reynette Fausto/Femina)