News

Desainer Indonesia di Paris Fashion Week

Thursday, 26 Sep 2013

by JFW

Jakarta Fashion Week, sebagai ajang fashion week utama di Indonesia, secara perlahan tetapi pasti, membawa fashion Indonesia ke dunia. “Tahun ini, empat desainer atau label yang dibina melalui program Indonesia Fashion Forward melangkah ke tahap berikutnya, yaitu berpartisipasi dalam Paris Fashion Week bulan September 2013,” kata Svida Alisjahbana, Ketua Umum JFW 2014. Keempat desainer itu adalah Toton, Yosafat, dan Major Minor yang akan menampilkan koleksi mereka kepada para buyers dari berbagai negara di acara Trace SS14 Paris Showrooms di Paris dan Tex Saverio yang akan tampil di runway Paris Fashion Week.

Toton akan menampilkan koleksi yang terinspirasi dari laut Indonesia, sedangkan Yosafat memilih perhiasan di Museum Nasional sebagi inspirasi untuk rancangannya. Major Minor mengambil tema traveling dan akan mengangkat kain ikat Indonesia. Semua koleksi yang ditampilkan merupakan koleksi Spring Summer 2014.

Terpilihnya keempat desainer ini untuk melangkah ke Paris Fashion Week merupakan dukungan dari berbagai pihak. Bank Mandiri merupakan salah satu partner Jakarta Fashion Week yang memiliki visi dan kepercayaan yang sama untuk memajukan industri fashion di Indonesia. Bank Mandiri bermitra bersama dan mengangkat Jakarta Fashion Week sebagai arahan dari fashion berikutnya dan agar fashion Indonesia semakin bergairah. Lalu melalui kegiatan Pasar Indonesia, Bank Mandiri berupaya menunjukkan produk terbaik dalam negeri, khususnya yang bergerak di industri fashion dan kreatif.

“Kementerian Perdagangan juga bekerja sama dengan Jakarta Fashion Week untuk meningkatkan kemampuan desainer dan pelaku bisnis fashion di Indonesia, salah satunya dengan mengadakan workshop,” kata Dody Edward, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Ditjen PEN. Desainer Indonesia terus mengembangkan kreativitas dan meningkatkan strategi promosi di dalam dan luar negeri. (Fathia Fauzia/Cleo)