News

Inilah Kunci Sukses di Bisnis Fashion

Wednesday, 25 Sep 2013

by JFW

Pertengahan September lalu Jakarta Fashion Week 2014 mengadakan workshop untuk pelaku fashion dan usaha kreatif yang ingin sukses dalam mengembangkan bisnis retail bertajuk Growing Your Fashion Business di Auditorium Kementerian Perdagangan. Melalui workshop ini, Jakarta Fashion Week berbagi tips menembus pasar retail lokal dan internasional. Para pemimpin di industri fashion dan ahli berpengalaman juga menguraikan hal-hal yang bisa membantu para pelaku fashion dan desainer muda dalam bersaing di dunia retail.

Christian Kurnia, Direktur Merchandising & Marketing Matahari Department Store, mengatakan bahwa dunia retail di Indonesia berkembang sangat besar. Ada lebih dari seratus juta orang berpenghasilan menengah di Indonesia yang punya kesempatan untuk berbelanja produk fashion. Maka, pelaku fashion Indonesia juga bisa berkiprah dan berkembang di dalam negeri.

Dalam workshop ini, Matahari mengundang tiga pemilik brand yang berhasil di dunia retail Indonesia, yaitu brand Logo, Yongki Komaladi, dan Expand. Mereka berbagi jurus agar peserta bisa menjadi trendsetter, berani menentang arus, dan pintar memilih lokasi yang sesuai dengan produk yang mau dijual.  Beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan pelaku fashion yang masih muda adalah fokus, konsisten, dan tidak mudah menyerah.

Pengusaha muda yang ingin berkembang biasanya membutuhkan kerja sama dengan bank supaya lebih mudah dalam bekerja. Nenden Listiana, Assistant Vice President Bank Mandiri menginformasikan peserta bahwa Bank Mandiri memiliki fasilitas kredit modal kerja untuk operasional perusahaan. Ada juga kredit investasi untuk Anda yang ingin membeli kantor, gudang, kendaraan, atau mesin.

Zakaria Zack Hamzah, Operational Director Alleira Batik, Island Shop, dan Fame Agenda dan Director dari label May & June setuju bahwa salah satu kunci kesuksesan sebuah brand adalah membina hubungan baik dengan pelanggan. Strategi komunikasi masing-masing brand dengan pelanggan mungkin berbeda-beda, misalnya dengan menggunakan social media atau menyelenggaraan event. (NF)