News

Membawa Batik Naik Kelas

Wednesday, 4 Sep 2013

by JFW

Sejak pertama kali berdiri, Lisa Kurniawaty Mihardja, pendiri Alleira Batik, telah menetapkan pasarnya adalah kalangan menengah atas. Alasan Lisa sederhana, dengan keterbatasan produksi saat itu, ia tak mungkin membuat batik yang sifatnya massal. Meski, batik sedang booming di masyarakat, Lisa juga jeli melihat celah bisnis untuk membuat batik berkualitas dengan desain eksklusif. Ia pun tak takut memasang harga   cukup tinggi untuk produk batiknya, antara Rp400.000  hingga Rp7 juta.

“Saat itu saya berpikir dengan membuat desain yang eksklusif dengan kualitas bahan yang terbaik orang pasti akan tertarik dan mencari. Produk kami pun semuanya handmade sehingga sangat memperhatikan detail dan butuh pengerjaan yang cukup lama,” ucapnya. Terbukti, rencananya sukses. Ia lantas membuka butik pertamanya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Tak hanya menyediakan pakaian ready to wear, Alleira juga menerima pesanan khusus dengan bahan dan warna serta motif yang bisa ditentukan sendiri.

Yang menarik, di tangannya batik naik kelas, dari kain tradisional menjadi barang fashion yang mampu bersaing di atas panggung catwalk. “Saya percaya batik punya potensi besar untuk menembus pasar internasional,” katanya.

Demi mengangkat citra batiknya, ia bekerja sama dengan beberapa public figure, salah satunya Annisa Pohan, yang menjadi brand ambassador Alleira. Ia juga mengajak beberapa istri duta besar untuk menjadi model di pergelaran busana yang diselenggarakan Alleira. Tentu saja, langkahnya ini menjadi batu loncatan yang sempurna agar orang-orang di  mancanegara juga mencintai batik Indonesia.

“Alleira juga mengikuti banyak acara nasional dan internasional, seperti membuatkan dress untuk Miss Universe Indonesia dan Vietnam, hingga mensponsori The ASEAN Summit,” katanya.  Kini, Alleira telah memiliki 42 butik di seluruh Indonesia dan terus meluaskan pasarnya hingga ke Malaysia, Singapura, dan Australia.

Tahun ini, brand Alleira akan tampil pula di Jakarta Fashion Week 2014 setelah tahun lalu mencetak sukses. Anda dapat menyaksikan koleksi terkini Alleira pada Rabu 23 Oktober 2013 di Fashion Tent, Senayan City, dengan tema Fantasy. (Faunda Liswijayanti/femina)