News

Mewujudkan Mimpi Menjadi Desainer

Wednesday, 31 Jul 2013

by JFW

Toton Januar adalah salah satu desainer muda yang namanya gencar dibicarakan di industri fashion saat ini. Dengan segudang prestasi, ia pun masuk dalam jajaran desainer yang lolos seleksi dalam program Indonesia Fashion Forward 2013. Program tersebut merupakan hasil kerja sama Jakarta Fashion Week, Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif dan British Council.

Desainer kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, ini tumbuh besar di lingkungan keluarga yang didominasi oleh perempuan dan pengaruh budaya yang kental. Kecintaannya kepada dunia desain dan fashion sudah terlihat sejak kecil, dan bisa dibilang diturunkan dari ibunya yang berprofesi sebagai penjahit. Namun karena di masa itu, profesi sebagai desainer dianggap kurang cerah, ia mengambil studi di Universitas Indonesia jurusan Media Broadcasting, sambil mengasah kemampuan dan menambah pengalaman dengan bekerja sebagai model dan magang untuk desainer senior.

Pengalaman modeling, ucapnya, “Memberikan saya kesempatan untuk mengobservasi dunia fashion dari dalam. Saya jadi tahu bagaimana cara kerja sebuah perusahaan, dari segi bisnis dan artistik. It also taught me that while a designer always got to have his vision, fashion is a business, after all.” Setelah lulus, Toton terus bekerja sebagai desainer sebelum akhirnya memutuskan untuk pergi Ke New York pada tahun 2005 untuk memperdalam ilmu tenatang fashion di Parson’s selama 2 tahun.

Labelnya, TOTON, baru diluncurkan pada tahun 2012 lalu di Blueprint Trade Show, Singapura, dan langsung menuai pujian berkat desainnya yang menerjemahkan warisan budaya Indonesia menjadi koleksi yang kontemporer dan sesuai dengan gaya hidup global yang modern. Ia pun muncul di runway Jakarta Fashion Week 2013 lewat show Mazda Young Vibrant Designers. Desainer yang mengidolakan Alexander McQueen, Miuccia Prada, Dries van Noten, dan Cristobal Balenciaga ini mengaku tidak memiliki seorang muse spesifik karena menurutnya,  “Setiap wanita terlahir spesial dan memiliki banyak sisi. There’s always an enigma in every woman and I think that what makes every woman beautiful.”

Nantikan karya Toton di Jakarta Fashion Week 2014. (Margaretha Untoro/Cleo)