News

Pesona Mozaik

Sunday, 20 Oct 2013

by JFW

Di fashion tent pada hari kedua Jakarta Fashion Week 2014, pagelaran busana bertajuk “TROIKA Series” dari tiga label busana muslim Rumah Ayu menambahkan warna baru pada industri mode busana muslim Indonesia. Rumah Ayu mempersembahkan koleksi FitRosa, KAMI dan Restu Anggraini. Motif TROIKA yang menyadur inspirasi dari teknik mozaik abstrak dituangkan dalam tiga garis rancangan yang berbeda dan sesuai dengan identitas gaya masing-masing desainer.

Terinspirasi dari gaya Indian Chic, Restu Anggraini memasukkan unsur tassel dan bauran payet bebatuan. Teknik layering, draping, dan aksen ruffles tampil serasi lewat palet biru tosca, hijau mint, putih, dan abu-abu yang feminin sekaligus edgy.

“TROIKA Series” versi KAMI membawa kembali kejayaan Islam di Turki, Persia, dan Maroko ke dalam interpretasi modern lintas masa. Bereksperimen di padu padan motif, TROIKA mendapatkan infusi batik kontemporer khas KAMI dalam rona khaki, dusty pink, abu-abu, dan hitam. Menjadikan setiap tampilannya unik, namun mudah dipadankan.

Sementara FitRosa mengambil inspirasi dari perkembangan pesat agama Islam di negara-negara Eropa Selatan seperti Spanyol, Yunani, dan Portugal. Mencoba menangkap keindahan pantulan matahari terbenam di permukaan samudera, FitRosa mencampurkan warna biru tosca dengan sentuhan kuning dan jingga yang dipertegas oleh semburat hitam dan memilih material ringan yang nyaman dikenakan. Selain itu, ada juga pengaruh Rusia yang tampak dalam material beludru warna ungu gelap dan fuchsia yang mewah sekaligus bersahaja. (Dyah Chairunnisa/DEWI)