News

Wayang Golek Tampil Fun

Wednesday, 23 Oct 2013

by JFW

Pada kali keempatnya berpartisipasi dalam Jakarta Fashion Week, 5àsec menghadirkan Imelda Ahyar dengan show bertajuk “Les Marionnettes". Desainer muda yang kerap disapa Mel ini menampilkan koleksi terbarunya pada Jakarta Fashion Week 2014 di Fashion Atrium, Senayan City, Rabu (23/10).

Sebagai perusahaan pencucian pakaian terkemuka, tak salah jika 5àsec memilih Mel Ahyar untuk merepresentasikan dukungannya pada dunia fashion. Walau masih muda, Mel telah membuktikan kualitasnya dalam pentas lokal maupun internasional.

Dalam mahakaryanya kali ini, Mel mengangkat kesenian tradisional Wayang Golek, yang menggambarkan hubungan sederhana antara masyarakat dengan pahlawannya. Simbol masyarakat umum seperti Punakawan, Semar, Gareng, dan Petruk, serta simbol pahlawan pandawa lima: Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa, dituangkan dalam bentuk ilustrasi yang fresh dan fun. Ilustrasi bergaya Kawaii hasil illustrator Yona Yu ini di- print di atas kain dan juga diaplikasikan melalui bordiran dan sulaman.

Walaupun ilustrasi yang ditampilkan terkesan imut, namun potongan yang dihadirkan justru terlihat modern. Gaun-gaun pendek berpotongan longgar ala 90- an hadir dalam nuansa hitam-putih. Beberapa di antaranya terlihat seksi menerawang. Sedangkan busana dengan potongan pas memeluk badan hadir dalam nuansa hitam dengan garis-garis siluet transparan yang memberi kesan langsing.

Bahan-bahan cotton silk, taffeta silk, organdy silk, dan tulle mendominasi. Pada gaun panjang hitam menyapu lantai, aksen renda dan bordiran juga membentuk garis-garis siluet langsing di sekujur tubuh. Dipercantik dengan payet dan bebatuan, karya ini terlihat avant garde. (Mariska Sebayang/ Women’s Health Indonesia)