News

Tips agar Tetap Bugar Selama Berpuasa di Rumah Saja

Tuesday, 5 May 2020

by Jakarta Fashion Week

Melewati Ramadan di tengah pandemi, kesehatan dan kebugaran tubuh perlu semakin diprioritaskan. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga saat berpuasa. Namun, usahakan untuk memilih olahraga ringan yang membuat tubuh tetap aktif bergerak, tetapi tidak kelelahan.
 
Selain istirahat yang cukup dan memperbanyak konsumsi air putih antara iftar dan sahur, berikut ini tips agar bisa tetap bugar selama karantina sambil berpuasa.

Lakukan olahraga dengan intensitas ringan
Memastikan tubuh tetap aktif dan bugar adalah kunci menjaga kesehatan. Olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang seperti berjalan kaki dan bersepeda dapat dilakukan saat berpuasa. 
 
Ikuti dance challenge di TikTok
Saat berpuasa, mengikuti dance workout atau dance challenge di TikTok bisa menjadi pilihan exercise. Tantangan-tantangan ini biasanya memiliki gerakan ringan yang mudah diikuti dan bisa Anda lakukan di dalam rumah. Tubuh Anda akan bergerak mengikuti irama tanpa usaha yang terlalu berat. Selain itu, dance challenge biasanya menggunakan lagu-lagu seru yang bisa menambah semangat.
 
Olahraga sebelum berbuka puasa
Setelah olahraga, wajar saja jika rasa lapar dan haus menyerang Anda. Namun, tentunya Anda harus menahan keinginan untuk makan dan minum karena sedang berpuasa. Agar tidak perlu terlalu lama menahan lapar setelah berolahraga, Anda bisa berolahraga menjelang waktu berbuka puasa. Dengan cara ini, takjil atau makanan berbuka puasa bisa sekaligus menjadi post-workout snack.
 
Anda juga bisa mengikuti dance session dengan beragam tema yang seru yang diadakan oleh Jakarta Fashion Week bersama Paradigm Fitness, melalui Instagram Live @JFWofficial setiap hari Sabtu pukul 16.00. Dance session ini bisa menambah motivasi Anda untuk berolahraga selama berpuasa di rumah. Pantau informasi terbarunya di Instagram @JFWofficial. (Ellen Darcy)