Nafas Mode Muda Indonesia di Galeries Lafayette Jakarta

Terhitung tahun 2016 ini, Indonesia Fashion Forward telah membawa total lima generasi beranggotakan tidak kurang dari 45 nama desainer tanah air menuju gerbang kesempatan untuk memperluas kreativitas mode dan bisnis mereka. Deretan program pendidikan dan pelatihan intensif telah mendera bakat-bakat muda ini, mempersiapkan mereka untuk pasar dan panggung internasional. Tidak sedikit acara-acara internasional yang telah dijajaki desainer-desainer berbakat Indonesia Fashion Forward. Hal ini tidak terlepas dari jalinan kerjasama internasional yang dibina dengan baik oleh Jakarta Fashion Week. 

Tak hanya pasar internasional tentunya. Pasar nasional pun menjadi lebih terbuka terhadap desainer-desainer yang berhasil menorehkan prestasi ini, salah satunya dengan bekerjasama dengan retailer-retailer mode yang dekat dengan pecinta mode tanah air. Dengan diperkenalkannya jalur bisnis, diharapkan akselerasi industri pun akan terjadi. Hal itulah yang mendorong Indonesia Fashion Forward, bekerjasama dengan retailer, berinisiatif menampilkan karya para desainer muda untuk dapat menyapa langsung para pelanggannya. Salah satunya, kolaborasi bernama FashionLab antara Jakarta Fashion Week bersama Galeries Lafayette yang berlokasi di Pacific Place Jakarta.

Sebagai retail mode yang telah banyak berjasa mengembangkan desainer di tingkat internasional, Galeries Lafayette terus konsisten dalam konstribusinya di program FashionLab. FashionLab pertama kali di tahun 2012 dikembangkan Galeries Lafayette di Berlin yang bertujuan memajukan industri mode. Program ini pertama kali dilangsungkan di Indonesia pada tahun 2014 dengan sembilan label binaan Indonesia Fashion Forward. FashionLab menyediakan kesempatan memperkenalkan produk desainer kepada pasar premium nasional, sekaligus menjadi media pemasaran eksklusif bagi desainer muda untuk bersanding dengan desainer-desainer terkemuka di Galeries Lafayette.

Di FashionLab tahun ketiga ini, Galeries Lafayette Pacific Place kembali berkolaborasi dengan Indonesia Fashion Forward untuk menyediakan kesempatan bersaing di kancah mode mutakhir kepada para desainer lokal berbakat dan berpotensi untuk menawarkan produk yang unik dan memiliki nilai tersendiri bagi peminat, pengamat, dan penikmat fashion. Tahun Ketiga ini melibatkan empat belas desainer Indonesia Fashion Forward, yaitu Billy Tjong, Tertia, Andhita Siswandi, Paulina Katarina, Rani Hatta, MILCAH, Day & Night, BYO, Ellyhan, D’Leia, S.O.E Jakarta, I.K.Y.K, Bateeq X SuzukiTakayuki, dan Lotuz, serta akan berlangsung mulai tanggal 25 April hingga 31 Mei 2016.

Pembukaan FashionLab yang berlangsung pada tanggal 28 April 2016 lalu di Lantai 1 Galeries Lafayette Pacific Place Jakarta pun berlangsung glamor dan meriah. Dihadiri dan didukung oleh berbagai pihak seperti Ketua Umum Jakarta Fashion Week sekaligus CEO Femina Group, Svida Alisjahbana;  COO Galeries Lafayette, Mathias Mamodbay; Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf; Director of Marketing and Brand for Raffles Hotels and Resort, Vivian Koh; serta rekan-rekan media dan partner bisnis lainnya.

Acara dibuka dengan konferensi pers singkat yang dilanjutkan dengan trunk show karya keempat belas desainer. Khusus di acara pembukaan ini, para desainer memberikan diskon istimewa bagi para pembeli, yang tak ayal membuat booth mereka ramai dijamah para calon konsumen. Acara FashionLab juga didukung oleh CitiBank yang memberi benefit-benefit tertentu pada para nasabahnya. Para desainer pun dengan ramah menjelaskan tentang produk mereka pada para konsumen dan rekan-rekan media, serta kolega-kolega yang hadir.

Penulis: Zea Zabrizkie