News

Pengaruh TikTok Pada Industri Fashion di Indonesia

Tuesday, 16 Nov 2021

by JFW

Dalam beberapa tahun terakhir, pengaruh TikTok kian meluas. Format video singkat pada platform ini telah mengubah cara kaum muda bercerita dan mengekspresikan diri. Karakternya yang spontan dan autentik membuat TikTok dipandang lebih sederhana ketimbang platform lain dengan algoritma yang lebih rumit.

Salah satu yang khas dari konten TikTok adalah keberagaman pengemasannya. Tantangan-tantangan yang beredar di platform itu dijawab dengan cara yang beragam dan autentik oleh para penggunanya. Ini membuat konten TikTok terasa begitu familier sekaligus personal pada saat yang bersamaan, sehingga memancing kreativitas pengguna untuk memberikan sentuhan berbeda di setiap tantangan. 

Pengaruh ini menjamah semua sektor, termasuk fashion. Bahkan pada masa pandemi, konten fashion merupakan salah satu konten yang populer di TikTok. Di Indonesia, melalui tagar #samasamadirumah dan #gayadirumah, para kreator di TikTok secara kreatif menunjukkan gaya fashion mereka di rumah. Tantangan dari kreator negara lain, seperti #shoetransition, #passthebrush, #guccichallenge, dan #tvshowchallenge, juga diadopsi oleh pengguna TikTok di tanah air. 
Selain tantangan yang dimulai individu, brand juga kemudian menciptakan tantangan mereka sendiri, termasuk brand besar dan mewah. Salah satu contoh dalam skala global, para kreator berusaha bergaya khas model Gucci dengan koleksi pakaiannya sendiri. Contoh unik lainnya ketika desainer JW Anderson menjadi trending setelah sweater rajutannya dikenakan oleh Harry Styles dan para kreator TikTok berusaha mengkreasikan kembali penampilan tersebut dengan merajut sweater sendiri. 

Tidak hanya itu, TikTok juga memberikan ruang bagi para kreatornya untuk mendefinisikan ulang berbagai bentuk budaya populer, sesuai dengan perspektif mereka, misalnya dengan membuat iterasi atas gaya selebritas atau film tertentu. Ekosistem tersebut kemudian menciptakan relasi unik antara brand dan audiens. Di platform ini, brand dibicarakan dari perspektif masing-masing kreator sehingga bisa jadi sangat beragam.

Kreativitas tanpa batas di platform ini pun menjadikan TikTok salah satu platform bagi brand besar ataupun kecil, global maupun lokal, untuk mencari talenta baru. Pada saat yang bersamaan, TikTok juga membuka ruang bagi brand lokal maupun global untuk mengomunikasikan produk mereka dengan cara yang berbeda.

Bersama Jakarta Fashion Week, TikTok turut serta memberikan ruang bagi para pencinta fashion tanah air, baik bagi para kreator untuk mengekspresikan diri maupun bagi para brand serta desainer lokal untuk memperkenalkan karya terbaru mereka.

Tahun lalu, #JFW2021 menampilkan rangkaian inspirasi street fashion off-duty para model, rangkaian show, serta tantangan fashion oleh para kreator. Hashtag itu menarik perhatian hingga lima juta penonton. Yang terbaru, #JFW2022 dan TikTok menantang para kreator untuk membuat konten dengan tagar #IniGayaModelJFW dan hingga kini sudah mencapai 53,6 juta views.

Kini, TikTok kembali berkolaborasi dengan Jakarta Fashion Week 2022 untuk menampilkan semangat autentisitas yang selama ini menjadi DNA TikTok. Tidak hanya lewat konten-konten di platform-nya, tahun ini TikTok juga mempersembahkan panggung istimewa dengan menggandeng dua brand lokal, Sejauh Mata Memandang dan Danjyo Hiyoji, untuk tampil di Jakarta Fashion Week 2022. Saksikan TikTok Runway Show di JFW 2022, pada hari Kamis, 25 November 2021, pukul 20.00 WIB di jfw.tv!