Mengenal Edits, Platform Terbaru META yang Memudahkan Produksi Konten
Jakarta Fashion Week 2026 tak hanya menjadi tempat bagi presentasi mode yang memukau. Rangkaian talk show yang berlangsung di Center Stage menghadirkan percakapan inspiratif dan bermanfaat bagi para pemerhati fashion dan pelaku kreatif. Membuka program talk show di Center Stage selama JFW 2026 adalah “META: Share Ideas That Last with Edits”, di mana Rifky Septiaji, Strategic Partner Manager & META Global Partnership, membahas bagaimana ide dapat menemukan bentuk terbaiknya di era digital.
Rifky membuka perbincangan dengan gambaran besar tentang Instagram sebagai galeri global tempat miliaran pengguna mengekspresikan diri setiap hari. Reels, yang kini dibagikan lebih dari 4,5 miliar kali per hari, telah menjadi bahasa visual yang menghubungkan begitu banyak cerita. Namun, derasnya arus konten kerap membuat banyak kreator, baik pemula maupun berpengalaman, kebingungan memulai karena proses produksi yang kompleks.

Menjawab kebutuhan tersebut, META memperkenalkan Edits, aplikasi mobile yang menyatukan seluruh proses kreatif dalam satu platform. Rifky menjabarkan lima langkah pembuatan konten yang berhasil diringkas dalam platform Edits.
- Pertama, proses dimulai dari pengumpulan ide dan inspirasi, seperti Inspiration Feed yang berisi pilihan Reels trending dan menginspirasi, serta dapat menggunakan Sticky notes untuk mengorganisasi gagasan.
- Kedua, pengguna dapat langsung mengambil gambar melalui kamera Edits yang dilengkapi di antaranya dengan green screen dan teleprompter dengan kualitas rekam hingga 4K. Tak perlu khawatir karena semua video yang dihasilkan tidak memiliki watermark.
- Ketiga, tahap editing diperkuat fitur canggih seperti Cut Out, Overlay, audio library Instagram, serta Safe Zone yang memastikan elemen visual tidak tertutup saat diunggah ke platform.
- Keempat, kreator dapat mengelola konten melalui halaman khusus yang menyimpan draft, proyek lama, atau unggahan yang telah dibagikan.
- Kelima, setiap Reels yang dipublikasikan dapat dipantau performanya melalui real-time insights, membantu kreator memahami konten mana yang paling resonan.
Sesi ini kemudian dilanjutkan dengan Rifky berbagi praktik terbaik dalam membuat Reels, Carousel, dan Stories untuk Instagram. Misalnya saja, untuk Reels, tiga detik pertama itu adalah yang paling penting untuk menarik perhatian audiens agar mau lanjut menonton hingga akhir. Ia juga menekankan pentingnya profil Instagram yang lengkap dan jelas sebagai kartu nama digital masa kini.

Pada akhirnya, talk show ini menghadirkan pemahaman baru bahwa kreativitas membutuhkan medium yang mendukung. Edits hadir bukan sekadar alat, melainkan platform yang merangkum inspirasi, proses, dan analitik dalam satu ruang kerja, memampukan setiap ide untuk tumbuh, terwujud, dan dibagikan sebagai cerita yang bertahan lebih lama.
Dapatkan info terkini seputar pergelaran Jakarta Fashion Week 2026 di situs ini, juga bisa klik media sosial resmi Jakarta Fashion Week berikut ini: Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan Pinterest. (JFW)
Leave a Reply