News

Jakarta Fashion Week 2020 Pamerkan Instalasi Instagrammable

Monday, 28 Oct 2019

by JFW

Jakarta Fashion Week 2020 menghadirkan instalasi yang menarik pengunjung untuk berpose dan posting di media sosial.
 
Jakarta Fashion Week 2020 tidak hanya menampilkan fashion show, tetapi juga menghadirkan instalasi dan ekshibisi yang menunjukkan ekspresi kreatif para desainer, seniman, dan publik. Bekerja sama dengan para partner, berikut ini beberapa instalasi yang ditampilkan di Senayan City selama perayaan Jakarta Fashion Week 2020 pada 22–28 October 2019.
 
British Council bersama Think.Web menampilkan instalasi #SamaBisaBisaSama untuk merayakan keberagaman dan mengajak orang-orang untuk berani menyuarakan aspirasi. Instalasi berupa dinding interaktif ini dipenuhi dengan pendapat, harapan, dan solusi dari publik.
 
Danone Aqua mendorong edukasi #BijakBerplastik dan menghadirkan Aqua Life, air mineral yang dikemas dalam botol yang terbuat dari plastik daur ulang dan dapat didaur ulang kembali. Di instalasi Danone Aqua, pengunjung dapat berpose di depan instalasi yang terbuat dari botol plastik kemudian mengunggahnya di media sosial. Pengunjung juga dapat melihat langsung hasil karya para desainer yang berusaha meminimalkan jumlah limbah fashion dan menerapkan nilai keberlanjutan.
 
Majalah Dewi bersama BMW menghadirkan DFK Lounge yang menceritakan perjalanan Dewi Fashion Knights sejak Jakarta Fashion Week diselenggarakan pertama kali pada tahun 2008. Di lounge ini, para pengunjung dapat melihat langsung gaun rancangan desainer dan tema-tema Dewi Fashion Knights setiap tahun yang disesuaikan dengan isu terkini. Di lantai GF Senayan City, majalah Dewi juga menghadirkan instalasi yang Instagrammable dan memungkinkan para pengunjung untuk berfoto ala model yang menghias sampul depan majalah.
 
Lomba Perancang Mode juga menghadirkan ekshibisi yang menampilkan karya 10 alumni LPM, yaitu Samuel Wattimena, Itang Yunasz, Carmanita, Denny Wirawan, Danny Satriadi, Billy Tjong, Tex Saverio, Hian Tjen, Jeffry Tan, dan Lulu Lutfi Labibi. Rancangan para finalis dan pemenang LPM dapat menjadi inspirasi bagi talenta muda untuk mengembangkan ide.
 
Sementara itu, Lomba Perancang Mode Menswear 2019 menampilkan koleksi menswear yang merupakan hasil karya talenta baru di industri fashion. Koleksi menswear tidak hanya hadir untuk memenuhi kebutuhan fashion pria, tetapi juga menjembatani antara pasar dan desainer muda untuk koleksi menswear.
 
Instalasi berikutnya adalah Jellyfish yang dipersembahkan oleh Jakarta Youth Meet-Up dan merupakan hasil karya Muhammad Rafi Samudera, siswa SMAN 3 Jakarta. Instalasi warna-warni ini menggambarkan ubur-ubur yang merupakan salah satu penguasa lautan. (FF)