News

Industri Kreatif Indonesia untuk Dunia Lewat ID Creative Week

Saturday, 22 Sep 2018

by Nabila Kariza

Tiga penggiat industri kreatif Tanah Air berkolaborasi untuk menciptakan wadah bagi para insan kreatif Indonesia secara lebih komprehensif dengan ID Creative Week. Jakarta Fashion Week yang menginjak tahun ke-11, Brightspot merayakan tahun ke-9 dengan penyelenggaraannya yang ke-15, sedangkan IdeaFest memasuki tahun ke-7 dengan penyelenggaraannya yang ke-5, memiliki kekuatan pengunjung hingga nyaris 110.000 orang.



Tujuh ratus pelaku industri kreatif yang terlibat, dan tak lupa melibatkan 1250 awak media baik itu nasional maupun internasional. Ketiga pilar besar ini setidaknya memiliki 500.000 pasang mata yang akan menyaksikan ID Creative Week melalui situs resmi, Instagram, Twitter, dan Facebook.



“Segmen kami saling beririsan. Alih-alih berkompetisi, kami memutuskan membentuk sebuah ekosistem yang saling berkesinambungan,” tutur Chairwoman Jakarta Fashion Week sekaligus pengemban pertama Ketua ID Creative Week, Svida Alisjahbana, saat memberikan penjelasan cikal bakal berdirinya kolaborasi yang akan berlanjut setiap tahunnya.

Bagi co-Founder IdeaFest, Ben Soebiakto, ID Creative Week bertujuan untuk membuka kesempatan siapapun yang ingin turut serta dalam memajukan kreativitas bangsa. “Harapan lain, tentunya juga untuk mengundang lebih banyak tamu internasional, untuk bekerjasama.”

Anton Wirjono yang mendirikan Brightspot untuk mengedepankan karya entrepreneur muda, ingin memperlihatkan karya anak-anak bangsa tersebut agar dilihat di seluruh dunia.

ID Creative Week atau Indonesia Creative Week akan dibuka dengan Jakarta Fashion Week pada tanggal 20 Oktober 2018, diikuti dengan Brightspot di tanggal 25 Oktober 2018, dan IdeaFest di tanggal 26 Oktober 2018 sekaligus penutup di tanggal 27 Oktober 2018.