News

JFW Fashion & Cultural Visit Mengintip Tren Fashion Korea

Tuesday, 6 Feb 2018

by JFW

Jakarta Fashion Week tak hanya menjadi perhelatan fashion terbesar di Indonesia, namun juga sebuah platform dalam memajukan industri fashion di Tanah Air.

Jakarta Fashion Week juga menawarkan serangkaian program yang sudah digelar sejak awal tahun, di antaranya adalah wisata edukatif bersama Jakarta Fashion Week dan desainer Indonesia Fashion Forward. Wisata yang terbuka untuk umum ini, JFW Fashion & Cultural Visit, akan mengunjungi Seoul, Korea.

Tak dapat dipungkiri, tak sampai 10 tahun, industri musik dan perfilman Korea telah memberikan pengaruh besar pada industri fashion internasional. K-Wave menjadi tren yang bergerak dari K-pop, K-drama, hingga K-fashion. Beragam kegiatan fashion pun digelar di Korea, seperti Asia Model Festival. Para pemenang JFW Model Search  - Face of Indonesia 2017 berkesempatan menunjukkan kebolehan mereka di Asia Model Festival 2017, dan mendapat berbagai penghargaan.

JFW Fashion & Cultural Visit Goes to Seoul menjadi lebih istimewa karena para peserta bisa menyaksikan penampilan dua desainer Indonesia Fashion Forward, Bateeq dan Kami, menyajikan koleksi terbaru dalam ajang Fashion KODE. Para peserta JFW Fashion & Cultural Visit Goes to Seoul juga akan mengunjungi destinasi terbaik bagi para penggiat fashion dan penggemar K-Wave untuk menyaksikan secara langsung tren fashion Korea yang kini mengglobal. Tempat-tempat tersebut di antaranya:

1. SM Town


SM Town adalah nama markas dari salah satu agensi terbesar di Korea, SM Entertainment. Perusahaan ini beroperasi sebagai label rekaman, agensi bakat, perusahaan produksi musik, manajemen event, perusahaan produksi konser, serta rumah penerbitan musik. Anda bisa menyaksikan boyband berlatih dance, atau berharap bisa bertemu seleb favorit Anda. Ada banyak artis top di bawah SM Entertainment, terutama artik K-pop. Ada Super Junior, EXO, Red Velvet, NCT, hingga aktris Lee Yeon-hhe. 

2. MBC World


MBC World adalah taman hiburan yang berlokasi di dalam komplek perkantoran stasiun siaran MBC, yaitu MBC Sangam Office Complex.Taman hiburan tersebut dilengkapi dengan konser hologram K-pop, virtual reality dan stan foto set drama korea. Teater virtual reality dalam MBC World memberikan para pengunjungnya pengalaman sepertidi dalam program reality show MBC seperti “Real Man,”, “Radio Star,” dan “Infinite Challenge.” Ada pula gimmick dari K-drama yang ditayangkan MBC, seperti “Hospital Ship” dan “I'm Not a Robot.”

3. Garosu-gil


Garosu-gil, Cheongdam Fashion Street, dan Apgujeong Rodeo Street dikenal sebagai destinasi hip dan jadi tempat para fashionista Seoul ngumpul. Nama Garosu-gil sendiri berarti “Jalan yang dipenuhi pohon” karena jalan tersebut ditanami pohon ginseng di sepanjang areanya. Garosu-gil dikenal dengan butik, galeri, restoran dan kafe-kafe mewahnya, juga kafe keren yang sangat Instagrammable.

4. Myeong-dong


Myeong-dong adalah salah satu distrik perbelanjaan utama di Seoul. Myeong-dong adalah tempat pertama yang menjadi pilihan label-label fashion ternama di dunia saat label-label tersebut memutuskan untuk melebarkan sayapnya ke Korea Selatan misalnya label-label besar seperti H&M, Zara, Uniqlo, dan lain-lain. Namun distrik ini paling populer sebagai destinasi belanja kosmetik Korea. Pencinta K-beauty dijamin kalap ingin memborong produk-produk menggemaskan, dengan iming-iming sampel produk seru.

5. Dongdaemun


Dongdaemun adalah pusat fashion domestik Korea. Sejak tahun 1905, Pasar Dongdaemun sudah menjadi salah satu pasar terbesar di Korea. Di Dongdaemun, pakaian diperjualbelikan secara grosir, dan pasar ini buka dari pukul 9 malam hingga subuh menjelang, di sini fashion item dari ujung kepala hingga kaki dapat dibeli dengan harga murah. Tidak mengherankan jika pasar ini selalu dipadati pengunjung lokal maupun turis mancanegara.

6. Itaewon Streets


Itaewon merupakan area yang menyediakan pilihan fashion , bar, dan kelab malam paling eksotis di Korea. Itaewon juga terkenal dengan berbagai pilihan setelan yang dapat dipesan secara khusus baik ukuran maupun modelnya. Area yang sangat internasional ini (karena banyak ekspatriat) juga menawarkan pilihan fashion bergaya hip-hop dalam ukuran yang lebih besar dibanding baju produksi Korea lain. Kalau Anda mau cari baju kaki lima dengan kualitas tinggi, Itaewon tempatnya.

7. Hongdae Area


Hongdae Area mendapat pengaruh besar dari Hongik University yang dikenal sebagai kampus seni ternama. Hongdae adalah pusat seni dan budaya indie Korea , dan juga rumah bagi brand baju independen dan pertokoan vintage. Di Hongdae terdapat banyak brand ritel ternama, namun yang menjadi incaran saat pengunjung datang ke Hongdae adalah fashion lokal Korea. Pada tahun 2016, Hongdae memperoleh peringkat pertama sebagai lingkungan terunik di dunia.

8. Donghwa Village


Donghwa Village dikenal sebagai kampung dongeng; tema unik ini bahkan sudah bisa dilihat sejak pengunjung tiba di ujung jalan tersebut, di mana terdapat gapura yang seolah gerbang menuju taman rekreasi. Bangunan-bangunan di Donghwa Village dipenuhi mural bertemakan dongeng, kartun dan animasi dari Cinderella, Snow White, The Wizard of Oz, Hansel and Gretel hingga Aladin. Di sana juga banyak kafe tematik, spot-spot foto yang manis, hingga tangga pelangi.
 
JFW Fashion & Cultural Visit Goes to Seoul ini akan berlangsung pada 12-18 Maret 2018, dan tiap peserta dikenakan biaya keikutsertaan sebesar Rp14.850.000 saja. Dapatkan harga khusus untuk pendaftaran kelompok minimal tiga orang. Untuk informasi lebih lanjut atau mendaftar menjadi peserta, silakan menghubungi : Penulis: Ziggy Zeircka