News

Belajar Budaya Toraja Lewat Karya Mode

Monday, 22 Oct 2018

by Jakarta Fashion Week

Toraja Internasional Festival menggandeng desainer Novita Yunus untuk memperkenalkan budaya Toraja ke kancah internasional. Rancangan busana Novita Yunus ini ditampilkan di Fashion Atrium Senayan City pada hari Senin,  22 Oktober 2018. 


Dengan mengusung tema "Berpikir di Luar Kotak", Novita Yunus memilih koleksi Toraja Kabaro yang terinspirasi oleh keragaman budaya di Sulawesi. Koleksi ini juga sempat ditampilkan di ajang Toraja International Festival 2018 bulan lalu.

Pakaian wanita yang ditampikan merupakan pakaian semi-formal nan santai. Teknik bordir serta motif yang dibuat di atas kaftan, kimono, one-piece, setelan, dan boxy scissors membuat koleksi ini tampak lebih kekinian tanpa melunturkan nilai budaya. 
 
Selain itu, proses dari pembuatan koleksi ini pun menggunakan berbagai metode, seperti tenun pada kain sutra dan kain sarita yang mengadopsi kultur yang khas dengan keindahan Toraja. Warna dominan yang berada dalam koleksi ini ialah hitam, putih, merah, dan cokelat yang terinspirasi oleh Tongkonan, rumah tradisional Toraja. 
 
Kabarnya, tahun depan Toraja Interasional Festival dan Novita Yunus akan mengeksplor kebudayaan Toraja lainnya. Yuk, kita nantikan kabar baik selanjutnya! (DEA/ZGY)