News

Ibukota Sumbang 10 Model Berbakat Untuk Jakarta Fashion Week 2019

Thursday, 10 May 2018

by Ziggy Zeircka

Jakarta menjadi lokasi terakhir untuk Audisi JFW Model Search 2018 sekaligus tempat pelaksanaan Final audisi model bergengsi ini. Sebelumnya, audisi JFW Model Search 2018 sudah dilakukan di Surabaya, Yogyakarta, dan Medan. Dari masing-masing kota diperoleh enam orang pemenang, dengan tambahan tiga model wildcard dari kota Medan.


Sesuai ekspektasi, Audisi Jakarta dan Final JFW Model Search 2018 berlangsung seru di Lippo Mall Kemang tanggal 2 hingga 3 Mei 2018 dengan jumlah peserta terbanyak dibanding jumlah peserta di kota-kota lain, padahal acara ini berlangsung pada hari kerja.


Konferensi pers untuk audisi Jakarta dan Final JFW Model Search 2018 juga berbeda dengan konferensi pers di kota-kota lain, karena turut menghadirkan Evanny Wityo dan Lie Buntaran, dua dari lima orang pemenang JFW Model Search 2017 yang mewakili Indonesia tahun lalu sebagai Face of Indonesia di Asia Model Festival 2017 di Seoul, Korea.


Di sela-sela audisi, para peserta dan pengunjung juga disuguhi berbagai program menarik seperti talkshow dari UBS Gold “Investasi Gaya dengan Emas” bersama Erwin Suganda (Creative Director UBS Gold) serta Wita Juwita (Face of Jakarta Fashion Week) dan Ai Syarif (Jakarta Fashion Week Creative Advisor) sebagai moderator. Dalam kesempatan tersebut, Erwin Suganda menyatakan bahwa seorang model wajib memiliki sikap dan keahlian yang bisa memberikan peluang sebanyak-banyaknya dalam karier, jangan hanya mengandalkan wajah yang rupawan. Beliau memuji Wita Juwita sebagai contoh model yang memiliki segudang talenta, dilengkapi dengan sikap yang humble dan proaktif.


Pada penghujung hari pertama Audisi Jakarta JFW Model Search 2018, para juri memilih dua belas orang semifinalis Audisi Jakarta JFW Model Search 2018 untuk kembali tampil keesokan harinya.


Di hari kedua, Audisi Jakarta dan Final JFW Model Search 2018 masih berlangsung dengan berbagai acara seru di sela-sela audisi. Sesi pertama diisi Beauty Demo dari Make Over yang memberikan tips dan trik bagi Anda yang ingin tampil natural namun tetap memukau sehari-hari.


Tips dan trik merias diri juga diberikan oleh ghd Indonesia dalam Talkshow dan DemoSpring Summer 2018 Trend bersama Nichi Roctania (General Manager Marketing ghd Indonesia), Firman Master (Education Manager ghd Indonesia), dan Dewo (Hairdresser Toni & Guy Salon – Pondok Indah Mall 2).


Turut mencuri perharian di panggung, Evanny Wityo (Face of Indonesia 2017) bersama Wita Juwita berbagi pengalaman dalam Talkshow “The Best Experience With Model Search”. Evanny menceritakan sedikit bocoran mengenai pengalamannya di Asia Model Festival 2017, di mana salah satu hal terpenting yang dia pelajari adalah bahwa seorang model harus selalu mengikuti aturan main di tempat ia akan tampil, terutama jika dalam posisi mewakili Indonesia. Evanny berpesan agar kandidat model jangan sampai mencoreng nama baik Indonesia karena sikap yang tidak profesional, seperti terlambat hadir dan sejenisnya.
 

Pada hari kedua audisi, para pemenang regional dan penerima wildcard dari Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan semifinalis hari pertama audisi Jakarta tampil memukau dalam Trunk Show mengenakan koleksi Young Woong by Bertha Puspita, dan Jalin by Afina Fauzia, dua desainer muda bimbingan YCIFI (Young Creator Indonesia Fashion Institute), serta koleksi Danjyo Hiyoji. Penampilan para peserta semakin memukau karena dilengkapi dengan aksesori dari UBS Gold, dan riasan memukau dari Make Over serta tata rambut sederhana dari L'oreal Professional.


Pengumuman pemenang sudah dinanti-nanti, dengan banyaknya talenta yang disajikan selama dua hari audisi, akhirnya juri memilih enam orang pemenang Audisi Jakarta JFW Model Search 2018 yaitu Shynka, Kezia Margaretha, Aurelia Lanita, Rafael Luis Belos Camasosa, Eugene Kharisma, dan Reynaldi Rifaldo.


Dewan juri juga memilih empat orang model penerima Wildcard yang dipastikan akan ikut melenggang di runway Jakarta Fashion Week 2019. Mereka adalah Elsa Hilman, Jazz Rowe, Iqbal Muzaky, dan Charles Huang.


Kejutan di JFW Model Search 2018 tahun ini adalah dengan dipilihnya dua orang model terbaik dari seluruh rangkaian JFW Model Search 2018. Satu model pria dan satu model wanita didaulat sebagai The Best Models of JFW Model Search 2018”. Dua pemenang berbakat yang akan dilibatkan dalam kampanye promosi Jakarta Fashion Week 2019 adalah Rosydi Adam (Pemenang JFW Model Search 2018 Surabaya) dan Aurellia Lanita (Pemenang JFW Model Search 2018 Jakarta).


Nantikan penampilan seluruh pemenang di ajang Jakarta Fashion Week 2019!


Penulis: Ziggy Zeircka
Foto: Tim Jakarta Fashion Week