News

Jemput Semangat Muda di Kota Pahlawan

Friday, 3 May 2019

by Nabila Kariza

Sederhana, membawa cerita mengenai Lomba Perancang ke beberapa kota hanya untuk menjemput talenta-talenta yang masih tersembunyi. Salah satunya kami bersinggah ke Kota Pahlawan, kota besar kedua di Indonesia menurut jumlah populasinya. Ya, dengan demikian kami berharap kesempatan menemukan desainer muda semakin besar.



Arva School of Fashion menjadi sekolah yang mengawali perjalanan tim di kawasan barat Surabaya. Erwin Suganda (Creative Director UBS Gold), Ai Syarif (Creative Advisor Jakarta Fashion Week), dan Zornia Harisantoso (Program & Editorial Director Jakarta Fashion Week) berbagi cerita di dunia mode yang sesungguhnya. Semakin seru dengan kehadiran Yunita Kosasih, desainer terkemuka Surabaya yang merupakan Finalis LPM 2005 dan alumnus Arva.

Yunita bercerita mengenai kekurangannya ketika mengikuti kompetisi saat itu, “Sejujurnya, saya tidak bisa menjahit.” Namun, kemampuan dasarnya dalam membuat pola membantunya untuk mengarahkan sang penjahit mengikuti ide yang sudah ia keluarkan.



Melanjutkan perjalanan ke Universita Ciputra, antusiasme kian meningkat. Ruang serba guna dipenuhi oleh mahasiwa dan mahasiswi Fashion Business & Design. Erwin Suganda memberikan motivasi untuk peserta agar ikut terlibat dalam Lomba Perancang Mode dan Lomba Perancang Mode Menswear yang didukung oleh produknya, UBS Gold.

Baginya, aksesori adalah satu kesatuan dengan dunia mode. “Jika memiliki tugas-tugas sekolah, maka dapat dikembangkan atau dilanjutkan untuk mengikuti kompetisi ini,” ajaknya dengan semangat. Karena menurutnya, sebagai pelajar di bidang fashion, sudah memiliki kelebihan tersendiri untuk mengikuti lomba.


Hari berikutnya, tim Jakarta Fashion Week melanjutkan kunjungan ke LaSalle College Surabaya dan Raffles Institute of Higher Education Surabaya. Entusiasme terlihat tak hanya dari mahasiswanya, melainkan juga dari para pengajarnya.

Kehadiran kami ke Lassale College disambut oleh Retnayu Jiwangga, Pemenang Favorit LPM 2017. Retnayu bercerita mengenai pengalamannya, apa saja yang ia pelajari ketika mengikuti kompetisi ini.



Menutup road show di Surabaya, tim pengajar Raffles memberikan cerita lain dalam suasana yang lebih intim. Sudah banyak alumni dari Raffles yang pernah mengikuti berbagai kompetisi untuk mengasah kemampuan mereka. Tentunya, kami menunggu partisipasi mereka di tahun ini ya.

Kami tunggu sketsa kalian untuk Lomba Perancang Mode 2019 dan Lomba Perancang Mode Menswear 2019 di Jakarta!
 

Foto: Nabila Kariza