News

Jenahara dan PVRA Memamerkan Koleksi Terbaru di Seoul Fashion KODE Fall/Winter 2019

Monday, 1 Apr 2019

by Zornia Harisantoso

nggung Seoul Fashion KODE F/W 2019 yang berlangsung pada 14-16 Maret 2019 dimeriahkan koleksi dua label Indonesia Fashion Forward, Jenahara dan PVRA.


Tema Seoul Fashion KODE F/W 2019, "Break the Rules," diterjemahkan kedua label itu menjadi koleksi yang berani bereksperimen dari zona nyaman desain mereka.

Jenahara dan PVRA menjadi show pembuka rangkaian Seoul Fashion KODE F/W 2019 yang diselenggarakan di S-Factory, area Seongsu-dong yang bergaya industrialis trendi di Seoul.


Jenahara menghadirkan "Koma," koleksi yang menjadi bentuk curhatnya atas pengalaman pribadi yang baru dialaminya. Sang desainer, Jenahara Nasution, atau akrab disapa Jehan, menampilkan siluet khas Jehahara dengan sentuhan maskulin dalam dominasi palet monokromatis.


Yang istimewa, Jehan memasukkan 'curhatannya' dalam bentuk detail pada coat, jaket, kemeja oversized, juga elemen cantik (dan kreatif) pada rok tutu. Kalimat-kalimat curhat itu (dari "Kamu Racun" yang ditulis berulang-ulang hingga lembaran buku harian Jehan) ditemani coretan dan sapuan kuas penuh warna Jehan.


Koleksi yang sangat bernapas seoul ini juga memberikan opsi untuk pemakai hijab. "Setelah di-mix and match, saya nggak nyangka koleksi saya Korea banget," ujar Jehan kepada saya saat dress rehearsal.

Lain lagi dengan PVRA, label sepatu yang dikomandani Putri Katianda dan Kara Nugroho. Hanya berselang beberapa minggu tampil di London Fashion Scout, London Fashion Week, PVRA tampil di Seoul, dengan koleksi yang lebih kaya.


"Sunting" adalah tema koleksi mereka; hiasan sunting pengantin Minang menginspirasi beads yang menghiasi sandal dan sepatu PVRA di runway Seoul Fashion KODE F/W 2019. Kulit dalam warna pastel tetap jadi andalan PVRA, namun PVRA menambahkan koleksi dengan heels yang elegan, juga sepatu hitam.


Para model terlihat cantik mengenakan lilitan kain, menonjolkan kaki para pemakainya. "Kami ingin menunjukkan kalau sekarang PVRA juga tampil dalam heels, dan pilihan desain yang lebih beragam," kata Putri kepada saya menjelang show.

Baik Jenahara maupun PVRA juga ikut dalam ekshibisi Seoul Fashion KODE di Influential Zone. Ekshibisi yang mengundang buyer internasional (terutama dari Cina) itu terdiri atas tiga zona: Conceptual Zone, Creative Zone, dan Influential Zone.


Partisipasi Indonesia Fashion Forward di Seoul Fashion KODE F/W 2019 merupakan kerja sama antara Jakarta Fashion Week dan Korea Creative Content Agency (KOCCA).

Foto: Zornia, Seoul Fashion KODE, Instagram