News

Si.Se.Sa., Kursien Karzai dan Rya Baraba Berkisah Tentang Lautan

Tuesday, 23 Oct 2018

by Jakarta Fashion Week

Si.Se.Sa, Kursien Karzai dan Rya Baraba mempertunjukkan Il Mare, peragaan busana muslim wanita dengan cerita tentang laut.

Si.Se.Sa yang memulai debutnya pada tahun 2013 bersama Merry Pramono menunjukkan kemampuan mereka mengelola dan merancang busana khimar, dikombinasikan dengan pemilihan warna pastel dan bordir. Untuk Jakarta Fashion Week 2019, Si.Se.Sa menampilkan koleksi yang bertajuk “Coral Reefs”  yang memiliki arti terumbu karang.
 
Koleksi ini terinspirasi dari perairan Indonesia yang memiliki terumbu karang terluas di dunia, serta warna-warna dan bentuk-bentuk menakjubkan yang dimiliki terumbu karang. Warna dan bentuk itu direpresentasikan pada pola terumbu karang yang dibuat dengan teknik printing dan pemberian tekstur pada kain. Sebagai itu, Si.Se.Sa juga menggunakan warna pastel dan warna terang untuk melukiskan pelangi bawah air tersebut.

Kursien Karzai, lahir di Cilacap 1980, adalah desainer modest wear yang menekuni dunia fashion sejak 2007 dengan mendirikan brand Kursien Karzai Prive. Di Jakarta Fashion Week, Kursien Karzai menghadirkan koleksi yang bertajuk “Senja”. Koleksi busana muslim siap pakai ini terinspirasi dari pemandangan matahari terbenam kala senja di pantai.

Kursein Karzai menginterprestasikan senja sebagai suatu momen yang romantis dan misterius. Karenanya, ia menggunakan warna-warna gelap seperti hitam, navy, dark green, marun, juga putih untuk menciptakan komposisi yang serasi untuk koleksi ini. Bahan-bahan yang digunakan antara lain adalah organza, satin, tulle dan jaquard.

Rya Baraba, pada Jakarta Fashion Week 2019, menampilkan koleki terbarunya dengan judul “Shade Of Teal”. Mengambil image perairan yang terbentang menutupi bumi dengan warna-warnaya yang indah nan bening, “Shade of Teal” menjadi inspirasi dan landasan ide kolektif dengan mengangkat karakteristik air laut serta mengambil bias dari warna-warna laut seperti blue marine, cerulean, teal, green fern dan putih dengan detail mirror sebagai pantulan dari warna-warna tersebut yang memancarkan aura perempuan yang tenang, manis dan damai.

Disertai cutting yang menampilkan karakter glamor, edgy dan urban, ini adalah koleksi tahun 2019 yang kekinian. (AUL/ZGY)