News

Sudah Daftar Jakarta Fashion Week Model Search 2021?

Saturday, 5 Jun 2021

by Zornia Harisantoso

Jakarta Fashion Week Model Search kembali hadir di tahun 2021 sebagai seleksi awal bagi model yang akan berjalan di runway Jakarta Fashion Week 2022.

Bukan itu saja; JFW Model Search 2021 juga mencari talenta baru yang bakal bersinar sebagai perwakilan Indonesia atau Face of Indonesia di Asia Model Festival 2021 di Seoul, serta dua model pria dan wanita sebagai Jakarta Fashion Week 2022 Icons, bintang kampanye JFW tahun ini.

Audisi JFW Model Search 2021 berbeda dari audisi sebelumnya; kali ini audisi awal sepenuhnya diselenggarakan secara online. Caranya, isi formulir yang ada di website Jakarta Fashion Week, sekalian upload video audisi kalian di TikTok.

Kesempatan berharga ini tentu perlu dipergunakan sebaik mungkin, karena bukan hanya semua model di seluruh Indonesia bisa ikutan, tapi juga karena video kalian bisa disaksikan oleh pencinta fashion di mana pun lewat TikTok.

Sudah daftar JFW Model Search 2021? Kalau belum, selain mengikuti syarat dan ketentuan yang ada, cek tips berikut agar video audisi kalian tidak terselip di antara video lainnya.

1. Cek syarat dan ketentuan
Apa saja, sih, yang harus disiapkan dalam mendaftar JFW Model Search 2021? Baca baik-baik syarat dan ketentuan di website Jakarta Fashion Week, supaya tidak ada yang terlewat.

Kalau ada persyaratan yang masih belum jelas, tunggu saja update di media sosial JFW. Mau DM di Instagram @jfwofficial silakan, tapi harap bersabar menunggu dibalas, ya!

2. Persiapkan diri kalian
Artinya, tampil segar, tidak kuyu, dan penuh semangat walau tidak berlebihan, saat mau membuat video. Pastikan ekspresi kalian terlihat jelas di video TikTok.

3. Rekam video dengan benar
Pertama, lihat contoh yang ada di akun TikTok @jfwofficial. Musiknya, sih, bebas; mau seperti musik latar yang dipakai Rizal dan Maria (JFW 2021 Icons) silakan, mau yang lain juga bebas. Tapi ingat, Rizal dan Maria hanya memberi contoh apa yang harus kalian lakukan. Untuk cara jalan atau pose, show your own best!

Cek lighting, posisi ponsel, dan hal-hal teknis lainnya. Jangan berpose terlalu jauh dari ponsel, sehingga wajah tidak terlalu jelas. Saat berpose di depan, beri jarak 1 m saja.

Tak perlu memakai makeup, apalagi terlalu tebal. Yang pasti, Juri bisa melihat signature walk dan ekspresi andalan kalian, serta membayangkan kalian jalan di runway JFW.

4. Bersikap positif
Mengikuti audisi terbuka secara online berarti harus siap mental. JFW Model Search memang sebuah kompetisi, tapi sportivitas dan selalu bersikap positif jadi prinsip yang JFW pegang. Jadi, tak usah dimasukkan ke dalam hati jika ada komentar yang ngeselin, dan tak perlu juga menjelek-jelekkan peserta lain.   

Semua punya kans yang sama untuk dipilih sebagai model di runway JFW, juga sebagai Face of Indonesia dan JFW 2022 Icons.

5. Deadline 22 Juni 2021 12.00 WIB
Pastikan kalian sudah mengisi formulir, mengikuti semua persyaratan, dan upload video TikTok dengan hashtag yang ditentukan. Pastikan juga link video TikTok kalian dicantumkan agar panitia mudah mengeceknya. 

Upload video audisi TikTok tanpa mengisi formulir berarti diskualifikasi, atau mengisi formulir tapi tidak meng-upload video audisi di TikTok.  Kalian juga bisa melihat video peserta lain di sini.

Simak terus media sosial JFW karena bakal ada kejutan-kejutan seru untuk para model. Good luck!

Foto: Getty Images/Jakarta Fashion Week 2021 (show Senayan City/Wilsen Willim)