News

Olahan Tenun Lombok Kaya Warna

Friday, 7 Nov 2014

by JFW

Terinspirasi dari kekayaan budaya Lombok, tiga desainer muda Indonesia yaitu AriyArka, Rani Hatta, dan Ayu Dyah Andari mengangkat tenun kerang khas Lombok dalam show koleksi mereka “Witchery of Mandalika”, yang berlangsung Jumat, 7 November 2014, di Fashion Tent, Jakarta Fashion Week. Oleh ketiga desainer ini, tenun kerang diolah menjadi busana siap pakai hingga busana couture yang mewah. 

Show dibuka oleh AriyArka dengan koleksi Abee by AriyArka yang terinspirasi dari para bangsawan di era tahun '50an. Dengan warna-warna monokrom seperti hitam, abu-abu, dan putih, AriyArka mengolah tenun kerang dalam siluet yang lurus dan ramping. Rok lurus berpadu dengan atasan peplum menjadi twist yang sempurna. Ia banyak memberi aksen pada bagian lengan yang sedikit bervolume. Detail sulam dan bordir mempercantik sebagian koleksinya. Sementara rok-rok panjang berbentuk A line yang ladylike membuatnya terlihat mewah. Aksen tule di bagian belakang pun seolah menjadi highlight pada punggung.

Rani Hatta juga banyak bermain dengan warna hitam, putih, dan abu-abu. Koleksinya yang bergaris minimalis dan clean membuatnya sangat mudah untuk digunakan untuk sehari-hari. Rok longgar yang ringan dan kasual menjadi lebih sophisticated dengan paduan blazer dengan aksen garis potongan panjang di bagian punggung. Kesan sporty juga muncul dengan kehadiran celana jogger yang memang sedang digandrungi. Meski demikian, paduan coat panjang warna gelap membuatnya terlihat menjadi lebih feminin. Sedangkan aksen yang lebih mewah muncul berkat aksesori seperti kaca yang diaplikasikan pada bagian dada dan lengan. 

Sementara Ayu Dyah Andari dengan label Ayu Andari couture seolah mengajak kita  masuk ke dunia dongeng Alice in Wonderland dan The Nutcracker. Motif tenun Lombok pun terlihat lebih mewah karena muncul dengan gaya Eropa kuno sesuai dengan signature Ayu Dyah Andari. Ini terlihat jelas dalam koleksi gaun-gaunnya yang terlihat seperti wanita bangsawan. Berbagai gaun dengan warna putih, pastel, hingga merah terlihat mewah dengan bordiran motif bunga dan diperindah dengan payet, swarovski, kristal, dan bordiran motif bunga tiga dimensi.    

Popular News