News

Ekspresi Kebebasan!

Wednesday, 16 Nov 2011

by JFW

‘Born Free’, itulah tema koleksi terbaru label ready-to-wear Isis yang diperagakan di hari kelima
ajang Jakarta Fashion Week 2012, 16 November 2011. Sesuai tema yang diusung, 36 busana hasil kolaborasi sosialita Andrea Risjad dan Amot Syamsuri Muda, lulusan Lasalle College of Art-Singapura ini, merupakan perwujudan dari ekspresi kebebasan bergaya kaum urban.

Terinspirasi era Rebellious, label yang didirikan November tahun lalu ini menawarkan ragam gaya kasual sekaligus chic bersiluet utilitarian dengan dominasi warna gelap ala rocker. Jika gaya rebel biasanya identik dengan penggunaan material kulit, namun label ini memberikan kejutan dengan menampilkan bahan berkarakter feminin.

Rangkaian koleksi berwarna hitam membuka peragaan busana yang dituangkan dalam desain praktis namun tak luput dari ornamen artistik seperti variasi terusan dengan aksen yang ditekankan pada garis bagian dada. Belum lagi padanan celana bersiluet pensil yang dipadu jaket berpotongan konstruktif, kemudian jumpsuit dengan aplikasi untaian pita di bagian dada.

Kemudian muncul koleksi busana dengan dominasi warna abu-abu. Eksplorasi pengolahan material yang beragam membuang jauh kesan monoton. Sequence selanjutnya menampilkan permainan warna hijau army yang juga lekat dengan napas maskulin. Koleksi warna hitam kembali hadir menutup peragaan busana ini.

Selain busana siap pakai untuk wanita, ditampilkan pula 5 busana untuk pria yang begitu kuat memancarkan kesan maskulin. Seakan mempertegas konsep rancangan, penyanyi Andi ‘/rif’ naik ke atas panggung dalam balutan kostum dramatis dan menyanyikan lagu milik Nirvana berjudul ‘Smells Like Teen Spirit’ yang menjadi inspirasi koleksi ini. Keseluruhan busana tersebut dipadukan dengan koleksi Astitiara Shoes, finalis Shoe Design Competition LPA 2010.

Siti Rahmah (Tim Peliput Pesona)