News

Untuk Wanita Indonesia

Wednesday, 23 Oct 2013

by JFW

Yayasan Jantung Indonesia menyelenggarakan program Go Red for Women (Wanita Waspadalah!) yaitu program kampanye kesehatan untuk mengingatkan wanita terhadap bahaya penyakit jantung dan pembuluh darah karena korban terbesarnya adalah wanita. Bekerja sama dengan Jakarta Fashion Week, Yayasan Jantung Indonesia menggandeng desainer Oscar Lawalata untuk menyampaikan pesan dalam kampanye ini kepada pecinta fashion. Bersama Yayasan Jantung Indonesia, Oscar Lawalata berkesempatan menyajikan koleksi yang diberi judul “I Am Indonesian” di fashion tent Jakarta Fashion Week 2014 tanggal 22 Oktober 2013.

Oscar tak hanya menampilkan kain-kain nusantara untuk dipersembahkan kepada wanita Indonesia sebagai identitas fashion mereka, tetapi juga ikut menyampaikan pesan agar lebih peduli pada kesehatan. Menjadi wanita yang stylish atau bergaya high fashion tidak harus dibarengi dengan merokok atau meminum alcohol karena akan merusak kesehatan. 

Oscar berharap hasil rancangannya bisa menginspirasi wanita Indonesia untuk mencintai kain nusantara dan mau menggunakannya untuk berbagai kesempatan. Oscar memilih kain songket Bali, kain dari NTT, dan kain dari beberapa daerah di sekitarnya seperti Flores, Pulau Timor, dan Niki-Niki. Kain-kain tersebut diubah menjadi busana siap pakai berbentuk maxi dress, skirt, hingga celana agar lebih nyaman dikenakan wanita Indonesia. 

Pada peragaan busana ini, Oscar menghadirkan beberapa muse seperti Susan Bachtiar, Zivanna Letisha, Rini Maramis, Anita Buntaran, Wanda Ponika, dan lainnya. Para muse tampil membawakan kreasi terbaru Oscar yang didominasi oleh warna merah. (Tenni Purwanti/Pesona)