News

Cinta Abadi Bateeq

Thursday, 6 Nov 2014

by JFW

Meski menjadi warisan budaya yang turun-temurun sejak dahulu, batik tak selalu identik dengan old fashion, bahkan telah menjadi trendy fashion. Konsep itulah yang ditunjukkan bateeq, brand fashion di bawah naungan PT Efrata Retailindo, pada fashion show di Jakarta Fashion Week 2015, Kamis, 6 November 2014.

Bertempat di Fashion Atrium Senayan City, Jakarta, bateeq tampil dengan mengusung tema “Tumaruntum” untuk koleksi busana siap pakai musim semi dan panas 2015. Warna merah muda, biru, hijau, putih dan hitam mendominasi busana-busana wanita yang dipamerkan. Motif batik truntum berpadu cantik di atas bahan duchess, sifon dan polyester. Maka tak heran jika keindahan motif itu menjadi inspirasi tema koleksi, yang bermakna everlasting love that continues to grow, atau cinta abadi yang terus berkembang.

Jika menilik sejarahnya, truntum diciptakan Kanjeng Ratu Kencana (Permaisuri Sunan Paku Buwana III) sebagai simbol cinta yang tulus tanpa syarat, abadi, dan semakin lama semakin terasa subur berkembang (tumaruntum). Dalam budaya Jawa, motif itu juga dikenal sebagai motif batik yang dikenakan oleh orang tua pengantin pada hari pernikahan, dengan harapan cinta akan terus menghinggapi kedua mempelai.
Keindahan makna truntum kemudian divisualisasikan bateeq ke dalam 24 busana. Di antaranya, berbentuk billowy dress, lightweight shirt and top with culottes dan flirty skirt. Busana-busana yang ditujukan untuk wanita urban tersebut dibuat dengan dua kategori, yaitu formal dan informal, sehingga dapat digunakan dengan padu padan heel maupun sandal di siang dan malam hari.

Selain busana wanita, bateeq juga memiliki koleksi busana pria dan anak-anak. Jenis bahan batiknya pun bermacam-macam, mulai dari tradisional (handmade), berbahan lebih modern hingga campuran keduanya. Produk-produk tersebut tersedia dengan harga mulai dari Rp150 ribu hingga Rp12 juta rupiah. Khusus untuk segmen pasar usia 45 ke atas, bateeq melalui brand Batik Solo menyediakan bahan tradisional premium, seperti batik cap, batik tulis, batik sutra dan batik doby. Saat ini, bateeq telah memiliki toko di beberapa tempat, antara lain di Pacific Place, Plaza Indonesia, Mall Taman Anggrek, Mall Ciputra Semarang, Plaza Medan Fair Medan. (Nurul Fitria Pradina/Women’s Health Indonesia)