News

Inspirasi Tegel Belanda dalam Busana Ready-to-Wear

Tuesday, 4 Nov 2014

by JFW

Indonesia dan Belanda memiliki ikatan interaksi sejarah yang begitu dekat. Inspirasi itulah yang diangkat oleh Erasmus Huis dalam pagelaran bertema “Revival of Tegel Belanda”. Bertempat di Jakarta Fashion Week 2015, 3 November 2014, Fashion Tent Senayan City meriah dengan berlangsungnya peragaan busana oleh Toton dan Vinora. Mereka menampilkan tegel dalam garis busana ready to wear. 

Tegel Belanda, yang selama ini digunakan sebagai ornamen interior, diaplikasikan dalam kombinasi motif dan warna yang kuat. Melalui koleksi mereka ini, Toton dan Vinora seakan membangkitkan kembali nostalgia tegel. 

Vinora Ng, desainer yang melejit berkat ajang Lomba Perancang Mode 2009,  konsisten menampilkan busana bergaya boyish. Malam tadi koleksi Vinora menampilkan atasan, shirt dress, dan jas semiformal warna hitam, putih, dan cokelat. Dengan detail zipper dan potongan driperi, Vinora berhasil menampilkan tegel dengan tidak menghilangkan labelnya, DNA.

Sementaran itu Toton merepresentasikan tegel dengan paduan motif batik dan motif tegel yang lugas. Menggunakan materi lace dan tule, koleksi Toton menambahkan ornamen bordir, payet, dan permainan tangan berbentuk balon. Hadir dengan koleksi busana berwarna abu-abu, Toton tampaknya tak ingin menghilangkan garis desain modern yang selama ini menjadi ciri khasnya.