News

Pekan Mode Terbesar Di Asia Tenggara Dimulai

Saturday, 1 Nov 2014

by JFW

Jakarta, 1 November 2014. Alat musik kenong berbunyi di Fashion Tent, Senayan City, menjadi tanda dimulainya perhelatan akbar Jakarta Fashion Week (JFW) 2015. Tahun ini adalah ketujuh kalinya JFW diadakan oleh Femina Group, yang kali ini kembali menggandeng sejumlah kalangan industri ternama di bidang gaya hidup.

Selama tujuh hari hingga tanggal 7 November mendatang, JFW 2015 menampilkan hasil karya terdepan dan terbaru para perancang busana, dari dalam dan luar negeri. Dalyanta Sembiring, Head of Public Relations JFW 2015, mengatakan, dengan tema “Setting Fashion Future”, pekan mode ini semakin menunjukkan kebulatan tekadnya sebagai wadah utama bagi para desainer Indonesia untuk masuk ke kancah global. “Dari tahun ke tahun, melalui berbagai program pengembangan bisnis, Jakarta Fashion Week konsisten dalam membantu para desainer kita untuk terus ‘naik kelas’ dan diterima oleh pasar di mancanegara. Harapan kami, hal tersebut juga akan semakin membangkitkan minat kita, masyarakat Indonesia, untuk lebih mencintai produk karya desainer dan label tanah air,” kata Dalyanta. 

Hal ini selaras dengan yang apa yang ditegaskan oleh CEO Femina Group yang juga Ketua Pelaksana JFW 2015, Svida Alisjahbana, dalam acara pembukaan siang tadi. "Jakarta Fashion Week telah menjadi barometer fashion di Asia Tenggara. Kita semakin besar dan berkembang,” kata Svida. Ia pun menyebutkan, bukti keberhasilan JFW jelas terlihat melalui suksesnya Indonesia Fashion Forward (IFF), program inkubator JFW bagi para desainer Indonesia, yang dari tahun ke tahun semakin banyak mendapatkan atensi media massa dari dalam dan luar negeri. Begitu pula para selebritas dan department store dengan jaringan mancanegara, yang kini semakin banyak mengenakan dan menampilkan produk dan label karya para desainer lulusan IFF. 

Acara pembukaan JFW 2015 dihadiri pula oleh Menteri Pariwisata RI, Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc., yang dalam sambutannya mengatakan, “Kementerian Pariwisata Indonesia di bawah sektor ekonomi kreatif mendukung penuh lahirnya desainer-desainer muda.” Sementara Rahmat Gobel, Menteri Perdagangan RI, dengan lugas menyampaikan dukungannya kepada JFW 2015, dan berharap bahwa karya desainer Indonesia bisa menjadi produk yang dapat menembus pasar global dan internasional.

Acara pembukaan JFW 2015 berlangsung meriah dengan parade koleksi kacamata terbaru Optik Seis. Parade busana berikutnya menampilkan karya 46 desainer dan label ternama Indonesia, antara lain Billy Tjong, Tex Saverio, Patrick Owen, Jeffry Tan, Nur Zahra, Cotton Ink dan Major Minor. Mereka tampil dengan muse-nya masing-masing, seperti penyanyi Melly Goeslaw untuk desainer Dian Pelangi dan model Sari Nila untuk desainer Yosafat Dwi Kurniawan.
 
Dari jajaran tamu undangan tampak hadir para perwakilan dari Senayan City dan para sponsor JFW 2015 lainnya, serta tokoh fashion dari dalam dan luar negeri, dan tentunya para pecinta fashion. Dalam kesempatan itu pula, Svida dan Mirta memberikan karangan bunga kepada menteri Kartohadiprodjo, Dewan Pembina Femina Group, Menteri Perdagangan, Menteri Pariwisata, serta kepada PermataBank sebagai sponsor utama JFW 2015, Senayan City sebagai tuan rumah JFW 2015, L'Oreal, The Body Shop, Mazda, 5ASEC, SOGO, Dulux, Bellini, Lenovo dan Garuda Indonesia sebagai sponsor, Beauti Drink, Calci Skim, Diva Tasty Beauty Nutrition, Encyclo, Lazada, Misslyn, Nescafe Dolce Gusto, Outback, Sophie Paris dan You C 1000 sebagai co-sponsor.