News

Jurus Desainer Generasi Muda - The Theme by Novi Susanti

Saturday, 4 Aug 2018

by JFW

Era digital yang terbuka memberi peluang lebih banyak dan meluas bagi siapa pun yang ingin mengembangkan karier dan profesi setinggi-tingginya. Di dunia desain, geliat  ini begitu tampak. Namun begitu, persaingan juga makin ketat dan terbuka. Orisinalitas karya tetap menjadi kunci utama sebuah karya bisa dikenal dan bertahan. Desainer muda yang berasal dari berbagai inkubasi mode Femina Group ini optimistis bisa berkarya maksimal menggunakan semua kemudahan era ini.


Menjadi wanita mandiri  yang menghasilkan sesuatu dengan tangan, hati, pikiran, dan talenta merupakan motivasi terbesar Novi memulai lini aksesorinya  bernama The Theme tahun 2014 lalu. Memulai bisnis sendiri tanpa bantuan siapa pun memiliki tantangan yang sangat besar, salah satunya permodalan. “Namun, membangun bisnis sendiri dari nol juga mengajarkan banyak hal, seperti cara berbisnis, mengulik keunggulan produk sendiri, menciptakan orisinalitas brand, dan bagaimana cara mencari SDM yang tepat,” ujarnya.

Fun, colorful, edgy merupakan DNA aksesori dari The Theme. Koleksi pertamanya berupa aksesori yang terbuat dari kombinasi kain perca dan kancing ternyata langsung terjual habis. Berbekal sukses kecil ini, Novi mulai belajar menghitung pricing dan efisiensi kerja.

Langkah terbesar yang dilakukan Novi dalam memantapkan kariernya di dunia rancang aksesori adalah dengan mengikuti Lomba Perancang Aksesori (LPA) 2014. Menjadi juara ketiga, Novi mendapatkan lebih banyak lagi ilmu tentang konsep dan kedewasaan dalam mendesain karena bertemu dan bertukar pikiran dengan mentor-mentor desainer senior, seperti Rinaldy A. Yunardi. Dari LPA juga, dirinya mendapatkan kolega sesama desainer muda dan kesempatan untuk membawa dan memperkenalkan karyanya ke berbagai event.

The Theme diajak berkolaborasi dengan para desainer dan brand  yang sudah lebih mapan, antara lain Ivan Gunawan, Purana, Yunita Kosasih, Project Merah Putih, dan Ali Charisma. The Theme juga membuat koleksi kolaborasi bersama brand sepatu, Envelogy.

The Theme menyebut koleksinya sebagai art jewelly, dan lini ini akan terus dikembangkan dengan eksplorasi ke arah aksesori untuk  busana muslim dan bridal.  “Perjalanan bersama The Theme mengajarkan saya bahwa tekad yang bulat dapat membawa kita menggapai mimpi sekaligus mengasah kapabilitas menjadi seorang pemimpin yang bijak, profesional, dan tetap fun,” ujar Novi.  
 

Ikuti jejak Novi Susanti. Jadilah desainer aksesori kontemporer yang inovatif melalui Lomba Perancang Aksesori (LPA) 2018!
Cek persyaratan selengkapnya & unduh formulir pendaftaran di sini
Kirimkan sketsamu sebelum 20 Agustus 2018.

 

___________________________________________________________________________________
TEKS: ARNI KUSUMADEWI. FOTO: DOK. INSTAGRAM,  DOK. THE THEME, DOK.FEMINAGROUP