News

Revival Fashion Festival 2020, Bentuk Adaptasi Industri Mode di Tengah Pandemi

Monday, 10 Aug 2020

by Rana Zakia Maydina

Sebagai pelopor dan salah satu fashion event terbesar di Asia Tenggara, kreasi dan inovasi merupakan dua hal yang selalu berusaha diberikan oleh Jakarta Fashion Week. Tak terkecuali di tengah kondisi pandemi yang seakan memaksa semua sektor, termasuk industri mode untuk beradaptasi menghadapi kondisi new normal.

Revival Fashion Festival 2020 hadir sebagai salah satu bentuk adaptasi terhadap kebiasaan baru dengan rangkaian acara seperti fashion show serta talk show yang dikemas dalam bentuk konten digital.  Berlangsung selama 3 hari dari tanggal 7 Agustus – 9 Agustus 2020, Revival Fashion Festival 2020 merupakan bentuk kolaborasi Jakarta Fashion Week dengan Senayan City Glorify Indonesia.

Menghadirkan berbagai koleksi dari desainer dan label busana lokal, seluruh rangkaian acara disiarkan secara langsung melalui channel Youtube serta Instagram Jakarta Fashion Week Official. Revival Fashion Festival juga merupakan bagian dari JFW Series, menuju Jakarta Fashion Week 2021, yang diselenggarakan sebagai sarana dan bentuk dukungan kepada industri mode tanah air untuk berkembang dan melebarkan sayapnya di kancah yang lebih luas.

Hari pertama Revival Fashion Festival 2020 dibuka dengan penampilan fashion show hasil karya beberapa desainer dan label busana lokal, di antaranya adalah Ai Syarif 1965, Cotton Ink, Ghaisani, Raegitazoro, Sideline, serta SVH, diiringi oleh penampilan salah satu musisi muda tanah air, Jaz Hayat, atau lebih dikenal dengan nama Jaz. Warna Indonesia ikut andil dalam memeriahkan Revival Fashion Festival 2020 dengan talk show bersama International Folklore Festival.

LPM (Lomba Perancang Mode) & LPM Menswear mempersembahkan dua label lokal yang merupakan pemenang dari LPM 2019 dan LPM Menswear 2019 yaitu label Eureka oleh Frederika Cynthia Dewi dan Studio 1319 oleh Bima Wijaksana. Eureka dan Studio 1319 ikut serta meramaikan panggung runway dengan koleksi terbaru mereka. Pada show Eksotika Wastra Nusantara, Ai Syarif menampilkan koleksi Ai Syarif 1965, diikuti oleh LCJCM Kalea, Perempuan Pelestari budaya, serta penampilan spesial dari Pelita Monas. Acara hari itu ditutup oleh show Indonesia Fashion Forward yang mempersembahkan Bateeq, yang turut menampilkan koleksi busana batik yang dipadukan dengan aksen modern dan urban.

Siaran lengkap Revival Fashion Festival 2020 dapat diakses dan disaksikan kembali secara lengkap di akun Youtube Jakarta Fashion Week Official, aplikasi  Jakarta Fashion Week yang dapat diunduh melalui App Store dan Google Play, serta IGTV Jakarta Fashion Week @jfwofficial.

Revival Fashion Festival 2020 in collaboration with Senayan City Glorify Indonesia, didukung oleh Lazada, Moonlay Technologies, RSGM Yarsi, Sunpride, Oxygen, Accoustic Pro, Ohana Production, Krispy Kreme, Dewi, Pesona, Beautyparty.id, Lomba Perancang Mode, dan Lomba Perancang Mode Menswear.