News

Istituto Marangoni Menjawab Kebutuhan Industri Fashion

Monday, 2 Jul 2018

by Zea Zabrizkie

Industri fashion selalu membutuhkan para pemain mumpuni; dari para desainer hingga otak di balik perputaran bisnis fashion. Dan banyak dari mereka yang lahir dari sekolah mode berkualitas, seperti Istituto Marangoni dari Italia.

Sekolah ini bermula dari Giulio Marangoni, seorang penjahit yang populer di kalangan bangsawan Italia, mendirikan Istituto Artistico dell’Abbigliamento Marangoni, atau Marangoni Artistic Clothing Institute di Milan, pada tahun 1935. Sekolah itu kemudian dikenal sebagai Istituto Marangoni, dan terus berkembang. Istituto Marangoni kini telah membuka empat akademi baru di luar Italia, yaitu di London pada tahun 2003, Paris (2006), Shanghai (2013), dan Milano Design (2014).

Istituto Marangoni juga membuka School of Fashion, Art & Design di Firenze atau Florence pada bulan September 2016, serta Shenzhen (2016), Mumbai (2017) dan Miami (2018). Institut ini tidak pernah berhenti melatih tak hanya murid-muridnya, namun juga para pengajarnya, untuk memastikan bahwa kurikulum mereka senantiasa sesuai dengan kebutuhan pasar fashion global.

Istituto Marangoni telah membimbing setidaknya empat generasi profesional bidang fashion, dari 106 negara yang berbeda; mengajarkan mode serta desain melalui program undergraduate selama tiga tahun dan masternya. Dalam kurikulumnya, Marangoni senantiasa menekankan pentingnya kesinambungan desain, komunikasi, dan kordinasi manajerial.

Ada juga berbagai paket kursus dan kelas-kelas eksekutif singkat yang menarik untuk diikuti dalam rangka menambah pengetahuan; termasuk topik-topik yang relatif baru di dunia pendidikan mode seperti visual merchandising, luxury fashion, dan fashion production and sustainability.

Di Indonesia, alumni Istituto Marangoni juga ikut berperan dalam perkembangan fashion Tanah Air; Anda pasti kenal nama-nama seperti Sebastian Gunawan hingga Kleting Titis Wigati dengan label Kle.



Istituto Marangoni telah mendukung Jakarta Fashion Week sejak tahun 2011, dengan memberikan fashion short course kepada Pemenang LPM Entrepreneur Award, yang sekarang menjadi JFW Fashion Entrepreneur Award, juga kepada Pemenang Cleo Fashion Awards, yang sekarang menjadi New Fashion Force Awards. 

Mulai tahun 2017, Pemenang Lomba Perancang Mode dan Lomba Perancang Mode Menswear berkesempatan menikmati short course pilihan berkat karya mereka. Tahun ini pun, selain Pemenang JFW Fashion Entrepreneur Award dan New Fashion Force Awards, Istituto Marangoni siap mendukung Lomba Perancang Aksesori dan Lomba Perancang Mode Menswear 2018. Kelas singkat bergengsi sudah menunggu para pemenang.

Jangan sampai ketinggalan kesempatan emas ini, cek informasi lengkapnya di laman Lomba Perancang Aksesori dan Lomba Perancang Mode Menswear!